News Kota   2024/07/23 21:10 WIB

Pekan Imunisasi Nasional Polio Serentak Dimulai pada 15 Kecamatan di Pekanbaru

Pekan Imunisasi Nasional Polio Serentak Dimulai pada 15 Kecamatan di Pekanbaru
Ratusan anak dan orang tua memadati lokasi vaksin polio di Pekanbaru.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio digelar serentak di 15 kecamatan di Kota Pekanbaru.

"Pekan Imunisasi Nasional Polio serentak dimulai."

"Pekan Imunisasi Nasional Polio merupakan program prioritas nasional yang dicanangkan oleh presiden dan memberikan dampak positif bagi anak-anak generasi penerus bangsa," kata Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Selasa (23/7/2024).

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 151 dan 145 di Jalan Wonosari, Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, menjadi pusat utama kegiatan imunisasi.

Ratusan anak dan orang tua memadati lokasi untuk mendapatkan vaksin polio guna mencegah penularan penyakit tersebut.

Acara pembukaan PIN Polio dilakukan oleh Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, yang didampingi unsur Forkopimda Kota Pekanbaru, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Dalam sambutannya, Risnandar menekankan pentingnya program ini sebagai bagian dari prioritas nasional.

"Kami berharap target 95 persen imunisasi dapat tercapai dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat," kata Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, menjelaskan bahwa kegiatan ini didanai oleh APBD Kota Pekanbaru dengan dukungan beberapa sponsor.

"Kami telah mengumpulkan lebih dari 700 cinderamata untuk memotivasi anak-anak yang mengikuti vaksinasi hari ini," kata Ingot.

Ingot juga mengungkapkan bahwa 1.533 Pos PIN Polio telah disediakan di seluruh kota, meliputi rumah sakit, fasilitas kesehatan, klinik, tempat pendidikan, serta pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti mal dan taman rekreasi.

"Kami optimis dapat mencapai target 95 persen, dengan sasaran 145.754 anak di Kota Pekanbaru," tambahnya.

Pelaksanaan PIN Polio 2024 dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama dimulai hari ini hingga 29 Juli 2024, dan tahap kedua berlangsung dari 6 hingga 12 Agustus 2024, setiap hari mulai pukul 8.30 hingga 14.00 WIB di setiap pos PIN di Kota Pekanbaru.

Dengan sinergi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan program PIN Polio ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang telah ditetapkan, memberikan perlindungan yang maksimal bagi generasi penerus bangsa. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Pekan Imunisasi Nasional, Polio Serentak, Pekanbaru, Pekan Imunisasi Nasional Dimulai di Pekanbaru, News Kota,