News Kota   2022/09/01 8:51 WIB

Pekanbaru Mendapat 40 Ribu Dosis Pfizer untuk Booster, 'karena Kasus Covid-19 Terus Naik'

Pekanbaru Mendapat 40 Ribu Dosis Pfizer untuk Booster, 'karena Kasus Covid-19 Terus Naik'


PEKANBARU- Puluhan ribu dosis vaksin Covid-19 sudah diterima Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru. Vaksin Covid-19 jenis pfizer dari pemerintah pusat, untuk mensukseskan kegiatan 'Vaksinasi Merdeka'.

"Pekanbaru mendapat 40 ribu dosis Pfizer untuk Booster karena Kasus Covid-19 terus naik."

"Jadi kemarin baru saja datang vaksin 20 ribu, jadi total ada 40 ribu dosis untuk vaksinasi booster yang kita terima tadi pagi," kata Kepala Diskes Pekanbaru, dr Zaini Ridaldy Saragih, Rabu (31/8).

Vaksin sudah tersedia 40 ribu dosis jenis Pfizer untuk booster. Hanya saja untuk pelaksanaan vaksinasi merdeka tingkat Kota Pekanbaru masih menunggu arahan dari Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun. Sebab pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini telah beberapa kali ditunda.

Karena Pj Walikota Pekanbaru meminta supaya Dinas Kesehatan terlebih dahulu memastikan ketersediaan vaksin. Dengan tibanya dosis vaksin tambahan ini tidak menutup kemungkinan vaksinasi ini digelar dalam pekan ini.

Untuk lokasi vaksinasi merdeka, kata Zaini, masih dipusatkan di MPP Kota Pekanbaru Jalan, Sudirmam, serta masing-masing kecamatan di Pekanbaru.

Namun dr Zaini belum bisa memastikan berapa lama vaksinasi merdeka akan berlangsung. Sebab pelaksanaan ini masih tergantung pimpinan untuk menentukan kapan dan berapa lama dilaksanakan. 

Sementara kasus Covid-19 di Pekanbaru terus naik dan bertambah 10 sampai 20 kasus per hari.

Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru masih belum stabil. Jumlah kasus harian di Pekanbaru masih bertambah 10 hingga 20 kasus per hari.

"Kasus per hari bertambah berkisar antara 10 sampai 20 kasus," kata Zaini.

Berdasarkan dari Dinkes Pekanbaru, Senin 29 Agustus 2022 kemarin, ada 10 kasus positif yang bertambah pada hari itu. Sebanyak 6 orang di antaranya menjalani isolasi mandiri dan 4 orang menjalani perawatan di rumah sakit.

Dari jumlah tambahan kasus tersebut, total warga Pekanbaru yang masih positif Covid-19 saat ini ada 163 orang.

Selain itu, di hari yang sama juga ada 23 pasien yang sembuh atau selesai isolasi mandiri.

Dari sebaran kasus Covid-19 saat ini, Zaini menyebut ada tiga prioritas yang harus dilakukan Dinkes Pekanbaru.

Tiga tugas prioritas itu yakni melakukan tracking pasien positif Covid-19 dengan baik, edukasi penerapan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi booster.

"Saat ini ada tiga yang jadi prioritas kita. Yang pertama bagaimana kita melakukan tracking yang baik, kemudian bagaimana mengedukasi masyarakat tentang protokol Kesehatan dan ketiga mengejar vaksinasi booster," ujarnya.

Menurutnya, tiga hal tersebut masih rendah, termasuk vaksinasi booster yang hingga kini masih berkisar pada 33 persen dari target. (rp.sul/*)

Tags : Corona, Kasus Covid-19 Terus Naik, Pekanbaru Mendapat 40 Ribu Dosis Pfizer untuk Booster, news Kota,