Agama   2024/07/10 19:39 WIB

Pelaksanaan Haji Sudah Selesai yang Harus Fokus Jaga Kesehatan Hingga Pulang ke Tanah Air

Pelaksanaan Haji Sudah Selesai yang Harus Fokus Jaga Kesehatan Hingga Pulang ke Tanah Air

AGAMA - Jamaah tak perlu terburu-buru saat ke Masjid Nabawi. Harus fokus menjaga kesehatan hingga pulang ke Tanah Air.

Jamaah haji diminta selalu menjaga kesehatan sebagai bekal kembali ke Tanah Air. Apalagi pelaksanaan haji sudah selesai, sehingga jamaah yang ingin ke Masjid Nabawi diharapkan santai saja, jangan tergesa-gesa untuk menghindari kelelahan.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi berpesan agar jamaah selalu menjaga kesehatan sebagai bekal kembali ke Indonesia. Ali menyebut, fokus jamaah saat ini adalah jamaah harus menjaga kesehatan.

“Pesan saya agar bapak ibu selalu menjaga kesehatan dan kalau ke Masjid Nabawi tidak usah terburu-buru, saat ini bapak ibu tinggal santainya saja karena pelaksanaan haji sudah selesai. Jadi fokus penting jamaah haji saat ini adalah menjaga kesehatan,” ujar Ali saat menghadiri 'Ngobrol Gerakan Jantung Sehat Jemaah Haji' di Madinah, Senin (8/7/2024).

Acara yang digelar sekitar 100 jamaah haji itu digelar Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) bekerja sama dengan Sektor 3 Madinah. Selain Ali Machzumi, Ngoras juga dihadiri Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi Dokter Indro Murwoko, dan para Tenaga Emergency (TEMS) Sektor 3 Madinah.

Kabid Kesehatan, Dokter Indro menyampaikan Ngobrol Sehat adalah sosialisasi kesehatan bagi jamaah haji yang berkaitan dengan penyakit jantung. Fokusnya adalah agar jamaah haji menjaga kesehatannya sehingga bisa kembali ke tanah air sesuai jadwal.

Di akhir sosialisasi Dokter Kelly mengajak seluruh jemaah haji yang hadir untuk mengecek denyut nadi masing-masing. Petugas juga mengajak jamaah mengikuti senam haji dan dipandu oleh para petugas kesehatan dari Tim Emergency Medis Sektor (TEMS) Sektor 3 Madinah. (*)

Tags : jamaah haji, haji 2024, haji ramah, lansia, puncak haji,