Headline Agama   2022/03/09 11:7 WIB

Pelaksanaan Ibadah Umrah Lancar, Jadi 'Lampu Hijau untuk Ibadah Haji 2022'

Pelaksanaan Ibadah Umrah Lancar, Jadi 'Lampu Hijau untuk Ibadah Haji 2022'

PEKANBARU- Pelaksanaan ibadah umrah sejak dibuka pada 8 Januari 2022 dinilai lancar menjadi lampu hijau akan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Alhamdulillah perjalanan ibadah umrah sampai hari ini berjalan dengan baik, ini mengindikasikan bahwa dengan lancarnya pelaksanaan ibadah umrah memberikan lampu hijau pelaksanaan haji insya'allah nanti menjadi lancar," ungkap Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Dr H Rahmat Suhadi, Selasa (8/3/2022). 

Belakangan seiring dengan pelonggaran beberapa kebijakan terkait penanganan pandemi Covid-19 di Saudi. Rahmat Suhadi berharap Tahun ini Indonesia dapat melaksanakan ibadah haji 2022 atau 1443 Masehi dan berharap tidak ada lagi pembatalan seperti tahun lalu.

Ia juga mengatakan, sembari menunggu pernyataan resmi dari pemerintah Saudi terkait dengan ibadah haji tahun 2022 ini, pemerintah telah melakukan beberapa persiapan dan skenario untuk pelaksanaan ibadah haji 2022.

"Ada kabar yang menggembirakan, bahwa pemerintah sudah mulai menghitung biaya perjalanan haji untuk tahun ini, memang secara tertulis belum kita terima. Kedua, Dirjen seminggu yang lalu sudah mengimbau untuk melakukan bimbingan manasik haji. Ini menjadi informasi gembira bahwa ada progres-progres untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini," ujarnya lagi.

Rahmat Suhadi juga mengakui, dari rapat internal yang dilakukan oleh pihaknya di Kanwil Kemenag Provinsi Riau bersama kabupaten/kota di Riau, banyak masyarakat yang mempertanyakan kepastian keberangkatan Ibadah Haji Tahun 2022 ini.

"Tentu kami mengambil hukum dasar atau hukum asal, bahwa pelaksanaan ibadah haji itu memang dilaksanakan, kecuali datang suatu perkembangan atau suatu keputusan yang mengatakan bahwa haji itu dibatalkan, keputusan ini yang masih kita tunggu. Kita berharap tidak ada pembatalan tahun ini," jelas Rahmat Suhadi.

Rahmat Suhadi juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya di Kanwil Kemenag Riau diminta oleh pemerintah pusat untuk mengirim tim untuk membahas persiapan perjalan ibadah haji.

"Dalam minggu ini kami mengirim tim yang bakan melaksanakan dan menindaklanjuti MoU perjalan ibadah haji ke Arab Saudi, terutama terkait soal konsumsi, transportasi, akomodasi ke Arab Saudi. Perkembangan ini semua merupakan kabar baik buat kita semua insyaallah tidak ada halangan dan tidak ada pembatalan tahun ini," pungkasnya. (*)

Tags : Pelaksanaan Ibadah Umrah Lancar, Ibadah Haji 2022,