Pilkada   2021/04/22 23:39 WIB

Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Langsung Dipantau Gubri 

Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Langsung Dipantau Gubri 
Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Rohul langusung dipantau Gubri. 

TAMBUSAI UTARA - Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 2020 di kawasan PT. Torganda, Kecamatan Tambusai Utara, Rokan Hulu langsung dipantau Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Gubernur Riau Syamsuar turun langsung ke Tambusai Utara mendampingi Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Ketua Bawaslu RI Abhan, meninjau salah satu TPS yang gelar PSU. Gubri Syamsuar menyatakan kedatangan rombongan ke TPS 32 Desa Tambusai Utara di kawasan Kantor Kebun PT Torganda untuk memastikan pelaksaan PSU di 25 TPS berjalan aman, lancar, dan tertib.

Gubri Syamsuar berterima kasih ke pihak penyelenggarra PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul 2020, baik ke Pemkab Rohul, penyelanggara KPU, Bawaslu, serta personel pengamanan Polri dan TNI. "Kami mengharapkan di tengah ibadah puasa saat ini mari kita pelihara suasana aman dan damai," kata Guri Syamsuar kepada puluhan wartawan.

Tambah Gubri, di tengah pandemi Covid-19, apalagi mengingat tiga kecamatan di Kabupaten Rohul masuk zona merah, maka untuk semua kegiatan harus dilakukan sesuai protokol kesehatan (Prokes). Sedangkan Ketua KPU RI Ilham Saputra menerangkan, pelaksanaan PSU adalah cara yang konstitusional, atau cara yang sudah diatur regulasinya. PSU dilaksanakan juga sesuai instruksi putusan MK.

Menurutnya, PSU? hanya sebuah peristiwa di sebuah pesta demokrasi, dan dimana-mana sangat mungkin terjadi. Dari persiapan PSU yang dilakukan penyelenggara, diakui Ilham, dirinya belum mendengar soal laporan atau kendala. Masalah anggaran yang dibutuhkan KPU juga sudah dipenuhi. "Kemudian kebutuhan seluruh personel juga sudah terpenuhi dan memenuhi syarat. Logistik juga sampai Selasa malam didistribusikan tepat waktu," kata Ketua KPU RI.

"Mari bersama-sama kita dukung, kita bantu mudah-mudahan proses dari awal sampai akhir berjalan baik dan lancar," sebutnya.

Sementara Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, pelaksanaan PSU Pilkada Rohul di 25 TPS Kecamatan Tambusai Utara merupakan tindak lanjut dari putusan MK atas gugatan salah satu Paslon. Abhan berharap PSU Pilkada Rohul dapat berjalan lancar hingga proses penetapan Bupati dan Wakil Bupati. Turut hadir Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/ Wira Bima Jenderal TNI M. Syech Ismed, Forkompinda Riau, Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto, dan Ketua Bawaslu Riau. (*)

Tags : Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Gubri Pantau Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di Rohul,