Headline Traveling   2021/12/09 13:4 WIB

Pemandangan 'Surgawi', dengan 'Menyusuri Tangga Luar Ruangan Dunia'

 Pemandangan 'Surgawi', dengan 'Menyusuri Tangga Luar Ruangan Dunia'
Sherpa membawa tas di jalur Everest. Nepal. (Getty Images)

BANYAK orang tidak tahu bahwa Norwegia adalah ibu kota tangga luar ruangan dunia — susunan tangga kayu dan beton yang direkayasa dengan luar biasa membawa pendaki ke sudut pemandangan yang paling indah di negara itu.

Jauh di ketinggian- di atas fjord (lembah yang menjulang) biru langit, danau gunung, pohon cemara dan lereng curam - berdiri tegak platform batu alam berbentuk persegi panjang dengan tepian yang tidak rata dan seakan-akan dibuat oleh para dewa dalam mitologi Nordik masyarakat Eropa utara.

Jalan menuju ke sana menyempit, dari dataran tinggi yang luas ke sudut pemandangan di ketinggian yang terbuka, membuat pusing, dan terasa seolah-olah bisa runtuh kapan saja.

Saya ternganga melihat pemandangan itu. Jangan melihat ke bawah, kata suara hati saya. Jangan jatuh.

"Pemandangan ini gila!" seseorang berteriak dari belakang saya. 

Saya berbalik menyambut satu-satunya orang di tepi tebing, saat angin kencang mengancam akan menghempaskan kami berdua ke Lysefjord, sekitar 600 meter di bawah.

Saat itu adalah pekan yang dingin di bulan September dan anehnya kami sendirian.

Pemandangan indah dari Preikestolen, atau Pulpit Rock, dekat Stavanger di barat daya Norwegia itu ternyata bukanlah satu-satunya, karena yang mengagumkan juga adalah perjalanan menuju ke sana.

Saya menelusuri tangga batu yang direkayasa oleh ahli dan terawat dengan baik, sama menakjubkannya dengan pemandangan akhir itu sendiri.

Terdapat keindahan kuno dari susunan tangga Preikestolen - seperti hampir 300 proyek tangga batu alam lainnya di Norwegia yang dibangun khusus selama dua dekade terakhir. Tangga itu ternyata dibuat oleh tim Sherpa dari komunitas Nepal yang tinggal di bayang-bayang Gunung Everest.

Ada suatu masa ketika jalur pegunungan Norwegia hanya dapat dilihat oleh segelintir pengunjung lokal. Tetapi media sosial telah mengubah semua itu, dan selama dekade terakhir, negara ini mengalami lonjakan dramatis para turis luar negeri yang tertarik karena melihat keindahannya, seperti dari Instagram.

Memang, Preikestolen sekarang adalah salah satu jalur pendakian yang paling banyak diminati di Norwegia. Terdapat 331.000 pengunjung mencapai puncak terbuka itu pada tahun 2019.

Tahun lalu, meskipun Norwegia menutup perbatasan internasionalnya karena Covid-19, pemandangan tersebut masih menarik 183.000 pengunjung. Dan Lysefjorden Utvikling, badan pengembangan pariwisata daerah itu, memperkirakan angka itu akan mencapai 600.000 dalam beberapa tahun, atau dengan kata lain, akan ada 1,2 juta sepatu bot berbaris naik dan turun setiap tahun.

Dapat dikatakan, karena kebutuhan, cara orang mengakses pemandangan puncak gunung seperti Preikestolen sedang berubah. Dan, sejauh ini, yang disebut tangga batu atau tangga Sherpa adalah solusi terbaik.

Tidak seperti jalur pendakian biasa, jalur tersebut dirancang untuk mengurangi jumlah kecelakaan dengan membuatnya lebih aman untuk dilalui. Jalur ini juga dibuat untuk membantu mencegah erosi dan memperkuat hubungan emosi antara pengunjung dan tanah di sekitar mereka (dengan melindungi lanskap gunung yang rentan di negara ini). Anak tangga ini juga dapat menahan semua bentuk pelapukan.

Di balik itu semua, keberadaan mereka juga berperan sebagai monumen dari rencana nasional yang ambisius untuk membuat eksplorasi luar ruangan lebih ramah lingkungan.

"Tangga Sherpa - atau tangga batu - adalah salah satu dari banyak sarana dalam memfasilitasi kehidupan luar Norwegia," kata Torgeir Nergaard Berg, penasihat jalan setapak untuk Asosiasi Trekking Norwegia dirilis BBC.

"Di daerah dengan banyak pengunjung, ini adalah jawaban yang tepat. Bagi banyak orang, tangga batu dapat mengurangi risiko saat menikmati alam, dan yang penting untuk memperkuat kesehatan masyarakat."

Otak di balik eksperimen berani ini adalah Geirr Vetti, seorang petani gunung berusia 60 tahun yang menjadi direktur pelaksana Stibyggjaren, perusahaan pembuat jalan setapak inovatif yang berbasis di desa Skjolden, cabang Sognefjord.

Vetti mengatakan kepada saya, idenya untuk menggunakan tenaga komunitas Sherpa pertama kali datang dalam mimpinya 20 tahun yang lalu. "Saya tiba-tiba terbangun dan berpikir mereka (Sherpa) akan cocok untuk pekerjaan itu," katanya dengan bersemangat sambil merenungkan mimpinya dua dekade silam yang kini menjadi lebih fantastis.

"Saya belum pernah ke Nepal pada waktu itu, tetapi saya ingat ekspedisi Norwegia ke Gunung Everest dan beberapa nama pemandu telah tersimpan dalam ingatan saya - jadi dengan beberapa pekerjaan detektif, saya melacak mereka dan menulis surat kepada mereka untuk melihat apakah Sherpa bisa membantu."

Kelompok etnis Sherpa adalah para pendaki berpengalaman yang bekerja di kondisi pegunungan yang sulit sehingga menjadikan mereka sebagai pembangun jalan setapak yang sempurna.

Hari ini, Vetti bergantung pada sekitar 120 orang Sherpa yang tangguh setiap tahun. Vetti mengatakan kepada saya, bahwa bisnisnya berkembang pesat meskipun ada pandemi virus corona. Musim panas ini, 39 pembangun tiba untuk mengerjakan 20 proyek di seluruh negeri.

Panggilan untuk membangun proyek serupa juga datang dari seluruh dunia, seperti Swedia, Kepulauan Faroe dan Timur Tengah. Dan, dengan 80 pengembangan tangga dan kontrak pemeliharaan dibatalkan selama 18 bulan terakhir karena Covid, tahun 2022 menjadi tahun tersibuk bagi perusahaan Stibyggjaren. "Setiap gunung dan setiap jalur berbeda dan memiliki tantangannya sendiri," kata Vetti.

"Tapi Sherpa hampir seperti manusia super, telah berevolusi untuk menguasai pekerjaan di ketinggian. Mereka juga memberikan kontribusi yang tak ternilai dan berkelanjutan untuk warisan gunung Norwegia."

Apa yang diawali sebagai sumber pendapatan di luar musim pendakian bagi komunitas Sherpa, sekarang menjadi proyek hampir sepanjang tahun.

Pada saat penulisan, ketua penyelenggara, Nima Nuri Sherpa dan tujuh temannya, dari komunitas Khunde di Distrik Solukhumbu Nepal, sedang bekerja di Pegunungan Alpen Lyngen di sebelah timur Troms untuk mengukir jalur gunung baru.

Selama sebulan, timnya telah menyusun lebih dari 400 anak tangga, terbuat dari hingga 500 ton batu lokal, dan memindahkan setiap lempengan seberat satu ton dengan tangan setelah mereka diterjunkan ke alam liar dengan helikopter.

"Masyarakat kami selalu mengangkat dengan tangan segala sesuatu yang masuk dan keluar dari wilayah kami sendiri atau dengan yak (sapi), dan pelajaran ini telah diturunkan oleh setiap generasi," kata Nuri Sherpa.

"Secara tradisional, panggilan kami adalah sebagai pemandu pendakian di Nepal. Namun, membangun tangga gunung itu jauh lebih aman dan lebih bermanfaat bagi orang-orang di tempat yang sekarang menjadi rumah kedua kami. Ini adalah karma baik."

Pembangunan ini memiliki dampak yang lebih besar bagi Sherpa di rumah mereka di Solukhumbu, Nepal.

Sejak awal proyek, sekolah dan rumah sakit dapat dibangun di Khunde dan Khumjung yang berdekatan, dan pendapatan terus disalurkan ke masyarakat luas untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sosial.

Sementara itu, Preikestolen menawarkan pemandangan surga Norwegia melewati jalur pendakian yang aman.

Di Midsund, di luar Molde, tangga batu adalah prosesi 2.200 langkah ke puncak Rørsethornet di mana Anda akan disuguhkan pemandangan karosel laut, fjord, dan gunung.

Tempat lain di sekeliling kota-kota Norwegia adalah 1.300 anak tangga di Gunung Ulriken di Bergen dan penerbangan yang dibuat khusus di atas Tromsø ke Fjellstua.

Sedangkan kota Mosjøen adalah rumah bagi Helgelandstrappa, tangga batu terpanjang di Norwegia dengan 3.000 anak tangga yang terpahat di dataran tinggi.

Bagi saya, alternatif menikmati alam selain Preikestolen adalah Kjerag, jalur Sherpa ke puncak tertinggi Lysefjord.

Tempat ini juga menyajikan tangga batu yang sama dan pemandangan fjord yang dalam, tetapi tanpa desakan pengunjung seperti tetangga dekatnya.

Untuk menikmati tangga Sherpa, melakukan pendakian pada pagi di akhir musim gugur di Lysefjord akan terasa sangat indah.

Di barisan tebing curam ini, tangga batu melambangkan cara yang lebih tahan lama dan berkelanjutan untuk mendaki gunung, dan ini adalah kabar baik bagi siapa saja yang menyukai alam bebas.

Memang, bagi orang Norwegia seperti Lofoten Rangers, sebuah proyek sukarela yang membawa obor untuk meningkatkan kesadaran akan fjellvettreglene (penghargaan negara yang mengakar terhadap lingkungan), tangga Sherpa adalah kabar bagus.

Dan mereka menjadi bagian dari negara, kata ketua Christina Svanstrm kepada saya, yang semakin tertanam dalam jiwa nasional Norwegia.

"Erosi jalan adalah masalah nyata di banyak daerah dengan pemandangan yang menonjol," kata Svanstrm.

"Pada tingkat terkecil, tangga Sherpa mengajarkan pejalan kaki untuk mengikuti jalan di daerah bertekanan, sehingga tanah ke atas tetap tersedia dan kokoh dalam jangka panjang.

"Efek positif lainnya adalah bagaimana keterbatasan struktural tangga ini menyampaikan pesan kepada pendaki untuk beretika saat mendaki."

"Kami tahu bahwa turis asing terlalu mempercayai operasi penyelamatan di alam Norwegia," tambah Nergaard Berg. 

"Ada banyak alasan untuk itu, tetapi setidaknya ada banyak organisasi dan lembaga pemerintah yang bekerja untuk mengomunikasikan pengetahuan tentang alam kepada pengunjung. Ini kuncinya."

Pesan di Norwegia kemudian menjadi jelas. Ini adalah gunung, fjord, dataran tinggi, tebing, kota, desa dan taman nasional yang memakai tampilan baru mereka dengan bangga.

Jadi, ketika mengunjungi negara itu, jangan mencari jalan alternatif.

Hilangkan kebiasaan untuk menjelajahi, tidak meninggalkan sampah dan tetap berada di tangga. (*)

Tags : Pemandangan Surgawi, Norwegia, Traveling, Menyusuri Ibu Kota Tangga Luar Ruangan Dunia,