Bisnis   2023/10/26 10:41 WIB

Pembangunan Pusat UMKM Sudah Mencapai 48 Persen, 'yang akan Segera Difungsikan Tahun 2023'

Pembangunan Pusat UMKM Sudah Mencapai 48 Persen, 'yang akan Segera Difungsikan Tahun 2023'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pengerjaan pusat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad mencapai 48 persen.

"Pembangunan Pusat Gedung UMKM Pekanbaru sudah mencapai 48 persen."

"Sampai saat ini untuk pusat UMKM itu sudah 48 persen. Sekarang sedang dikerjakan," kata Plt Kadis PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Rabu (25/10).

Gedung eks Rumah Dinas Wakil Walikota Pekanbaru itu dijadikan pusat UMKM untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Pekanbaru. Nantinya, masyarakat yang memiliki produk dapat menitipkannya di pusat UMKM tersebut.

Edward Riansyah mengatakan, pembangunan pusat UMKM Kota Pekanbaru itu sudah mencapai 48 persen. Pembangunan yang dilakukan PUPR terus digesa agar segera beroperasi.

Dikatakannya, untuk pengerjaan gedung tersebut memang ada tahap-tahapnya. Saat ini mau masuk dalam tahap finishing.

Sesuai target kata Edu, gedung pusat UMKM itu akan selesai sebelum 20 Desember 2023 mendatang. Artinya, pengerjaan gedung tersebut harus selesai sebelum akhir tahun ini.

Dijelaskannya, gedung itu nantinya akan difungsikan untuk pusat UMKM, produksi, workshop UMKM.

Harapannya, ini akan jadi pusat oleh-oleh Pekanbaru, dan nantinya juga akan dikelola oleh Dekranasda Pekanbaru.

Untuk bagian dalam gedung tersebut dibongkar. Akan ada tenant-tenant untuk UMKM yang di bawah naungan dekranasda termasuk pusat oleh-oleh Pekanbaru.

"Kita akan rapikan bentuknya. Kita tata nanti di dalam itu. Kalau untuk halaman depan nya belum. Kan luas itu, bisa untuk parkir, fungsinya tetap. Paling dirapikan aja sementara," terangnya.

Terkait anggaran yang dihabiskan untuk mengubah gedung tersebut menjadi pusat UMKM, Pemko Pekanbaru menggelontorkan dana sekitar Rp4 Miliar.

"Target selesai sebelum 20 desember 2023. Namun untuk peresmian mungkin di awal tahun lah. Tapi kalau operasionalnya ya bisa saja langsung. Tapi kalau untuk peresmian mungkin baru di awal tahun depan lah," ungkapnya. (*)

Tags : Pembangunan Gedung Pusat UMKM, Pekanbaru, Pembangunan Pusat UMKM Mencapai 48 Persen, Pembangunan Gedung Pusat UMKM Segera Difungsikan Tahun 2023,