Pekanbaru   2021/11/19 14:53 WIB

Pembongkaran Paksa Lapak di Jalan Agus Salim Ricuh, Buat 'Petugas dan Pedagang Sama-sama Alami Korban'

Pembongkaran Paksa Lapak di Jalan Agus Salim Ricuh, Buat 'Petugas dan Pedagang Sama-sama Alami Korban'

PEKANBARU - Pembongkaran paksa lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Agus Salim dilakukan pihak Satuan Polisi Pamong Praja [Satpol PP] Kota Pekanbaru jadi ricuh.

Tak pelak dua orang anggota Satpol PP Pekanbaru dan satu warga jadi korban dan dilarikan ke rumah sakit. Penolkan pembongkaran lapak pedagang membuat petugas menerobos masuk untuk melakukan pembongkaran.

Situasi gambaran batu dan kayu melayang di tengah kerumunan bentrok petugas dengan pedagang. Akibat aksi itu, satu warga mengalami luka di kepala bercucuran darah. Tak hanya itu, dua anggota Satpol PP Kota Pekanbaru juga ikut terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang membenarkan kejadian tersebut. Dua anggotanya itu telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. 

"Ya, sekarang udah dibawa ke rumah sakit. Kita doakan mereka tidak kenapa-kenapa lah," kata Iwan.

Ia pun tidak menampik ada juga warga yang menjadi korban dari aksi tersebut. Menurutnya, warga yang ikut terluka karena lemparan batu atau kayu dari pedagang sendiri.

"Mereka yang mulai melempar, mungkin itu kena oleh temannya sendiri," kata Iwan.

Sejak pembongkaran dimulai, pedagang sudah berkumpul di persimpangan Jalan Agus Salim-Jalan Sudirman. Mereka menolak lapak yang berdiri di trotoar jalan dibongkar paksa.

Sejumlah pedagang menghadang petugas yang hendak melakukan pembongkaran menggunakan alat berat. Iwan menilai, insiden bentrok dengan warga itu hanya adu argumentasi saja.

"Saudara kita yang ada disini mempertanyakan proses operasi penertiban ini. Sejauh ini kita lihat sudah banyak saudara-saudara kita disini yang melakukan pembongkaran sendiri," imbuhnya.

Dalam pembongkaran itu, Satpol PP Pekanbaru menurunkan 360 personel gabungan. Terdiri dari Polri, TNI, Damkar, Dishub, dan Satpol-PP. (rp.jon/*)

Tags : Pedagang Kaki Lima, Pembongkaran Lapak PKL, Pekanbaru, Pembongkaran Lapak PKL Ricuh dan Memakan Korban,