Pekanbaru   2023/08/16 13:8 WIB

Pemeliharaan Jalan Rusak Akibat Proyek IPAL Pekanbaru Selesai Akhir Agustus

Pemeliharaan Jalan Rusak Akibat Proyek IPAL Pekanbaru Selesai Akhir Agustus

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - PT Hutama Karya [Persero] [HK] optimis pekerjaan pemeliharaan paket SC-2 ini bisa tuntas akhir Agustus.

"Pemeliharaan jalan rusak akibat proyek Instalasi Perpipaan Air Limbah [IPAL] Pekanbaru selesai akhir Agustus 2023."

“Pemeliharaan per akhir Juli sudah mencapai 100% dan seluruh pipa telah tersambung. Saat ini kami melakukan finalisasi pemeliharaan dengan melakukan pembersihan manhole untuk memastikan semua pekerjaan berjalan selesai dengan baik,” kata Project Manager Proyek IPAL Pekanbaru, Olan Oka, Selasa (15/8).

Pemeliharaan jalan rusak akibat proyek IPAL Kota Pekanbaru tengah dikebut.

Olan Oka mengatakan, dalam pemeliharaan ini PT HK melakukan pekerjaan pemancangan, galian, pembuatan pondasi dan pemasangan manhole, penimbunan, serta pengaspalan.

Dimulai sejak akhir Februari lalu, kini pemeliharaan sudah memasuki tahap finishing.

Dalam pemeliharaan ini terdapat sejumlah tantangan, seperti kondisi cuaca yang mengakibatkan longsoran di sekitar titik pemeliharaan.

Maka Hutama Karya melakukan pemancangan sheet pile atau dinding vertikal untuk pengamanan kelongsoran karena kedalaman pipa berada 5,5 meter dari permukaan jalan.

Sebagai informasi, upaya percepatan yang dilakukan agar pemeliharaan bisa selesai sesuai target adalah KSO [Kerja Sama Operasional] Hutama Karya-Rosa juga memberlakukan pekerjaan 2 shift.

Sehingga hasil dari pemeliharaan tersebut, kondisi jalan telah lebih baik dan bisa dipakai kembali oleh masyarakat sekitar.

“Kami memohon maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan yang diakibatkan dari proses pemeliharaan jalan yang dilakukan serta berkomitmen untuk bertanggung jawab penuh atas dampak yang dihasilkan dari proyek yang dikerjakan perusahaan,” sebut Olan, Project Manager Proyek IPAL Pekanbaru.

Sebagai informasi dua titik kerusakan di Jalan Cempaka, satu titik di jalan Melur dan satu titik di Jalan Rajawali saat ini belum diperbaiki. Karena bukan merupakan tanggung jawab KSO Hutama Karya-Rosa melainkan bekas perbaikan pipa PDAM yang dilakukan oleh pihak PDAM Tirta Siak Pekanbaru.

Proyek IPAL Kota Pekanbaru ini dikerjakan berdampingan dengan KSO Wika-Karaga untuk Paket SC-1 dan KSO Adhi-Jakon untuk Paket NC.

Adapun pemilik dari proyek tersebut merupakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat [PUPR], Ditjen Cipta Karya. Lewat proyek ini Hutama Karya juga sudah melaksanakan sejumlah program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan [TJSL] meliputi pembagian sembako ke masyarakat yang terdampak Covid-19, serta pelaksanaan kurban di sekitar lokasi kantor dan jaringan pipa. (*)

Tags : instalasi perpipaan air limbah, proyek ipal, pemeliharaan jalan rusak akibat proyek ipal, ipal perbaiki jalan rusak selesai akhir agustus 2023,