Bisnis   2024/04/17 15:19 WIB

Pemerintah Dorong Apple Bangun Pabrik di Indonesia

Pemerintah Dorong Apple Bangun Pabrik di Indonesia
CEO Apple Tim Cook

BSNIS - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah mendorong agar Apple mau membangun pabrik di Indonesia.

Hal itu menjadi salah satu pembahasan saat CEO Apple, Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Rabu (17/4/2024).

Sebab, menurut dia, saat ini Indonesia memiliki kemampuan untuk menyediakan komponen perakitan untuk handphone Apple.

"Bahwa sebetulnya komponen-komponen hanphone itu sudah siap ada di Indonesia. Baterainya, kabelnya dan lain-lain itu kami akan coba business matching dengan Apple, apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujar Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu pagi.

Agus menyampaikan, Indonesia memiliki kepentingan untuk menciptakan nilai tambah dari komponen handphone yang saat ini sudah mampu disediakan di dalam negeri.

Sejalan dengan hal itu, pemerintah juga menerapkan aturan tentang kewajiban memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 35 persen.

Sementara itu, saat ini Apple memiliki pendekatan unik dalam berinvestasi di Indonesia, yakni membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer (Apple Developer Academy).

"Nah ini sudah dalam perjanjian kita yang sudah kita tanda tangani, Apple mempunyai kewajiban untuk membangun empat (akademi) tahun ini dan mereka sudah memberikan komitmen kemarin sudah ada statement dari Apple akan dibangun di Bali," ungkap Agus.

"Dan sudah ada dua fasilitas kemungkinan jadi tempat Apple Developer Academy salah satunya adalah milik Kemenperin Balai yang ada di Bali. Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari keempat kota," kata dia.

Adapun pada Rabu pagi, Agus Gumiwang bersama Menteri Komunikasi dan Informatika menemani Presiden Joko Widodo bertemu dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta. (*)

Tags : apple, CEO Apple, Tim Cook, ceo apple, tim cook bertemu jokowi,