Headline News   2022/08/01 20:54 WIB

Korban Penyakit Mulut dan Kuku Sapi di Data, 'Peternak akan Diberi Bantuan'

Korban Penyakit Mulut dan Kuku Sapi di Data, 'Peternak akan Diberi Bantuan'

PEKANBARU- Pemilik ternak korban Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Riau kini data dan bagi sapi yang mati mendapat bantuan.

"Provinsi Riau tidak terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak."

"Saat ini kita sedang melakukan pendataan sapi mati dan sapi dipotong paksa di kabupaten yang kena PMK. Sapi di Riau yang mati karena PMK itu 5 ekor, tersebar di Siak dua ekor, Rokan Hulu, dan Kampar masing-masing satu ekor. Sementara sapi yang dipotong paksa karena PMK itu ada 21 ekor," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman seperti dirilis mediacenterriau, Minggu (31/7).

Wabah PMK sudah tersebar di sejumlah kabupaten dan ada hewan ternak terutama sapi yang mati akibat terjangkit PMK.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sementara ini mendata ada lima sapi yang mati akibat PMK. Sedangkan 21 sapi lainnya dipotong paksa akibat terpapar PMK.

Pendataan itu berguna dalam pengusulan bantuan hewan ternak yang terpapar PMK ke pemerintah pusat. Karena syarat untuk mendapatkan bantuan itu, pertama hasil ada visum dan telah ditetapkan status wabah PMK hewan ternak.

"Syarat bantuan sapi harus divisum. Kemudian bantuan itu bisa diberikan setelah adanya penetapan status wabah. Sedangkan sapi yang mati di Riau sebelum adanya penetapan status wabah PMK," kata Herman.

"Kemudian untuk sapi yang dipotong paksa karena terpapar PMK bisa diusulkan mendapat bantuan. Hanya saja peternak tidak mau sapinya dipotong. Bantuan maksimal 10 juta per ekor sapi," tuturnya.

Pihaknya akan melakukan pendataan sapi mati dan sapi dipotong paksa karena terpapar PMK, setelah dan sebelum penetapan wabah PMK.

"Kalau sebelum penetapan wabah, sapi yang mati dan dipotong paksa tidak bisa diganti, walau pun belum ada visum katanya bisa diusulkan mendapat bantuan. Sekarang kita sedang melakukan pendataan, memisahkan sapi mati dan sapi potong paksa terpapar PMK sebelum dan sesudah penetapan PMK," sebut Herman. (*)

Tags : Pemilik Ternak Sapi, korban Penyakit Mulut dan Kuku, Korban PMK di Riau di Data, Sapi yang Mati Mendapat Bantuan, News,