Pelalawan   2020/08/13 01:20:00 PM WIB

Pemkab Pelalawan-PT Pertamina Hulu Energi Kampar Buat MoU Proklim

Pemkab Pelalawan-PT Pertamina Hulu Energi Kampar Buat MoU Proklim
Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM bersama Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST MM menghadiri penandatanganan MoU Program Kampung Iklim (Proklim) IJO, Rabu [12/08/2020].

PELALAWAN - Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan, bersama Ketua DPRD Kabupeten Pelalawan Adi Sukemi, ST MM melakukan penandatanganan
Memorandum of Understanding [MoU] Program Kampung Iklim [Proklim] IJO di Desa Pematang Tinggi, Kecamatan Kerumutan.

Proklim IJO terbentuk atas kerja sama antara Pemerintah Desa Pematang Tinggi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan [DLHK] Kabupaten Pelalawan dan PT Pertamina Hulu Energi [PHE] Kampar. Untuk Proklim ini jenis tanaman yang ditanami adalah tanaman sayur-sayuran, tanaman obat-obatan herbal, serta tanaman pepohonan.

Wakil Bupati Pelalawan Zardewan, dalam sambutannya berharap agar program kampung iklim ini bisa tercipta di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Pelalawan, sehingga negeri Pelalawan tampak lebih asri. Dan semoga dengan adanya kampung iklim menjadikan masyarakat Pelalawan khususnya masyarakat Desa Pematang Tinggi menjadi lebih sehat dan panjang umur, sebutnya Wabup Pelalawan, Rabu [12/08/2020].

Kepala Desa Pematang Tinggi Andi Agus Susiawan, ST dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui Program Kampung Iklim secara nasional yang ditaja oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, pihaknya bertekad untuk ikut dalam program tersebut dengan harapan minimal bisa masuk nominasi. "Untuk itu, terimakasih banyak pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan yang telah memberikan pembinaan kepada kami dan ini juga tidak lepas dari kerja sama bersama PT. PHE Kampar,” katanya.

Tahun sebelumnya sampai saat ini pihaknya sudah membuat kampung iklim di Desa Pematang Tinggi ini dengan menginstruksikan kepada setiap warga setingkat RT untuk membuat Dasawisma dan ditanami tanaman sayuran dan obat-obatan. "Dan berkat kekompakan masyarakat, kami berinisiatif untuk lebih mengembangkan poklim ini dengan dibantu oleh pihak terkait,” ujarnya.

Manager PT PHE Kurniawan Trio Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa terbentuknya Kampung Proklim Ijo ini selain untuk mendukung program dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI adalah untuk mencegah dampak rumah kaca dan menjaga kelestarian lingkungan desa dengan penghijauan agar warga aman dari segala penyakit. "Semoga ke depannya proklim Desa Pematang Tinggi ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain agar dapat membuat program kampung iklim dan kami siap mensupport," jelasnya.

Diakhir acara Wakil Bupati Pelalawan bersama rombongan berkunjung ke lokasi kampung iklim dan melakukan penanam pohon serta melakukan penandatangan MOU Program Kampung Iklim [Proklim] IJO bersama pihak-pihak terkait. Turut hadir dalam acara ini, Ketua Komisi I DPRD kabupaten Pelalawan Imustiar, S.IP , Staf Ahli Bupati Pelalawan Amri Fuad, Kepala Balitbang Ir. Arizal, Kepala Satpolpp dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pelalawan  Abu Bakar, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Nifto Anin, Kepala Dinas PMD Drs. Zamur, Perwakilan Dinas Sosial, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Camat Kerumutan Husnizal, SE, M.Si, Kapolsek Kerumutan Iptu Fajri Sentosa, SH.MH, Danramil Kerumutan Kapten Arh. Aswin Sembiring, Kepala Puskesmas Kerumutan Harno, SKM, tim PT. PHE Kampar, kepala desa, Lurah Kerumutan Olivia Maya, SE serta tokoh masyarakat dan PKK Desa Pematang Tinggi. (*)

Tags : Wakil Bupati Pelalawan, Drs H Zardewan MM, Pemkab Pelalawan dan PT Pertamina Hulu Energi Mou Proklim ,