Siak   2024/06/11 23:22 WIB

Pemkab Siak dan Batubara Jalin Kerja Sama Pembangunan dan Budaya Melayu

Pemkab Siak dan Batubara Jalin Kerja Sama Pembangunan dan Budaya Melayu

SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Provinsi Riau dan Pemkab Batubara, Sumatera Utara, teken kerja sama di bidang pembangunan, dan kebudayaan khususnya Budaya Melayu. Itu dikarenakan adanya kekerabatan yang dekat pada zaman Kesultanan Siak.

Kerja sama tersebut ditandatangani langsung Bupati Siak Alfedri dan Pj Bupati Kabupaten Batubara Nizhamul, di ruang rapat Raja Indra Pahlawan, kantor Bupati Siak 

Pada kesempatan ini, Alfedri mengucapkan syukur karena hari ini Pemkab Siak bersama Pemkab Batubara telah menandatangani MoU terkait dengan kerja sama di bidang pembangunan dan bidang budaya khususnya Melayu. 

"Alhamdulillah tadi kita sudah menandatangani MoU kesepakatan antara Pemkab Siak dan Pemkab Batubara baik dalam bidang Pembangunan maupun bidang kebudayaan khususnya budaya Melayu. Karena historinya dahulu banyak kesamaan budaya di Kabupaten Siak dan Batubara," ujar Alfedri. 

Alfedri berharap, penandatangan MoU ini tidak hanya berhenti sampai disini harus terus berjalan baik di dinas-dinas terkait khususnya Dinas Kebudayaan. 

"Saya harap MoU ini bisa dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk Instansi maupun Dinas terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, agar saling berkomunikasi dengan Dinas Kebudayaan di Kabupaten Batubara, yang nantinya tercipta kerja sama yang baik. Terutama dalam membangun budaya antara Kabupaten Siak dan Kabupaten Batubara di masa yang akan datang," harap Bupati Siak. 

Selain itu, Bupati Alfedri mengucapkan selamat datang kepada Pj Bupati Batubara Provinsi Sumatera Utara beserta istri dan rombongan di Kabupaten Siak, dan tadi pagi juga berkesempatan hadir pada penabalan di LAMR Kabupaten Siak. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan selamat datang kembali kepada bapak Pj Bupati Batubara Nizhamul beserta istri, dan rombongan LAM Kabupaten Batu Bara yang hari ini juga ikut hadir pada penabalan gelar adat Datuk Seri Setia amanah dan Timbalan Setia Amanah kepada saya dan Wakil Bupati Siak Husni Merza," ucap Alfedri. 

Sementara itu, Pj Bupati Batubara Nizhamul mengatakan penandatangan Mou ini merupakan sejarah dan moment yang berharga bagi Kabupaten Batu Bara, mengingat kesamaan antara Kabupaten Siak dan Kabupaten Batubara sangat identik. 

"Hari ini sejarah hubungan Kabupaten Siak dan Batubara kembali dibangun, kita tentunya berharap dengan ditandatangani kesepakatan ini menjadi tonggak yang baik yang menjadikan negeri kembar Kabupaten Batubara seperti cerita dahulu," kata Nizhamul. 

Pada kesempatan ini turut hadir Wakil Bupati Siak Husni Merza, Ketua Umum MKA LAM Kabupaten Siak Datuk Seri Wan Said, Ketua LAM Kabupaten Batubara, para Asisten Setda Siak dan Batubara, kepala OPD di lingkungan Pemkab Siak, para camat se kabupaten Siak. (*)

Tags : Pemkab Siak dan Batubara Jalin Kerja Sama Pembangunan dan Budaya Melayu,