Headline Pekanbaru   2022/03/03 22:23 WIB

Pemko Lakukan Berbagai Upaya, 'Menekan Lajunya Penyebaran Virus Corona'

Pemko Lakukan Berbagai Upaya, 'Menekan Lajunya Penyebaran Virus Corona'


PEKANBARU - Walikota Pekanbaru minta pedoman kegiatan masyarakat mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes), untuk menekan lajunya penyebaran Virus Corona.

Melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pekanbaru melakukan berbagai upaya untuk menekan lajunya penyebaran kasus Covid-19. Pasalnya, kasus yang mulai melonjak pada akhir Januari lalu hingga kini tak kunjung turun.

"Semua ketentuan, khususnya surat edaran walikota implementasi di lapangan tetap mengacu protokol kesehatan. Maka di dalam segala aktivitas ini harus mempedomani protokol kesehatan," kata Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT pada media, Kamis (3/3/2022).

Bahkan, masih ada ribuan kasus Covid-19 aktif di Pekanbaru. Begitu juga dengan penambahan ratusan kasus positif tiap harinya.

Untuk mengantisipasi itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus telah mengeluarkan surat edaran terkait pedoman kegiatan masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Pemerintah melalui Satgas telah berupaya menekankan lonjakan kasus positif. Pemerintah juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi pedoman pelaksanaan kegiatan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) pada PPKM level 3.

Firdaus meminta masyarakat untuk mempedomani prokes tersebut pada setiap kegiatan guna memutus rantai penyebaran dan pengendalian Covid-19.

"Melalui prokes yang ketat di setiap kegiatan masyarakat sangat efektif dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini juga telah diatur dalam surat edaran Walikota Pekanbaru tentang Penanganan Pandemi Covid-19 PPKM Level 3," katanya.

Firdaus menyebut, implementasi dari edaran tersebut sebagai upaya percepatan pemulihan kesehatan, dan pemulihan ekonomi yang simultan dilakukan oleh pemerintah kota.

Ia menilai, yang menjadi perhatian saat ini adalah kegiatan di bidang pendidikan, ekonomi, dan pariwisata. Pada bidang tersebut harus mempedomani prokes agar pemulihan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan bisa sejalan. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Pemko Pekanbaru, Penyebaran Virus Corona, Pemko Lakukan Berbagai Upaya Menekan Lajunya Kasus Covid-19,