Pekanbaru   2023/01/21 13:6 WIB

Pemko Pekanbaru Atasi Cabai dan Bawang yang Jadi Penyebab Inflasi

Pemko Pekanbaru Atasi Cabai dan Bawang yang Jadi Penyebab Inflasi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana memberi subsidi pengiriman cabai dari luar Kota Pekanbaru.

"Pemko Pekanbaru bantu subsidi pengiriman cabai untuk antisipasi inflasi."

"Subsidi ini sedang dibahas untuk menekan kenaikan harga serta inflasi. "Artinya, (subsidi) khusus untuk transport mereka, misalnya cabai dari Aceh ke sini (Kota Pekanbaru) bisa nambah harganya Rp2.500 per kilogram," kata Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu (18/1/2023) kemarin.

Menurutnya, kenaikan cabai dan bawang menjadi penyumbang inflasi di Pekanbaru. Kenaikan harga dipicu lantaran harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan jasa ekspedisi dari luar kota.

"Dengan jarak tempuh transportasi yang jauh, berdampak kenaikan harga cabai," sebutnya.

Pihaknya tengah mencari solusi bagaimana pola subsidi yang akan diberikan kepada ekspedisi cabai.

"Ini yang sedang kita pelajari melalui Disperindag. Polanya nanti seperti apa, untuk subsidi BBM dan kendaraan. Kita rencana subsidi transportasi itu," katanya.

Sebelumnya sudah dilakukan peninjauan di pasar induk sementara di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Ia juga memantau harga cabai saat didistribusikan ke pedagang dan dari daerah asal.

"Kita sudah cek ke pasar di belakang Terminal BRPS kemarin, barangnya siapa, ekspedisinya siapa punya. Nanti jangan sampai kita subsidi BBM tapi ternyata cabainya malah nggak naik mobil yang kita subsidi, ini perlu kita pelajari polanya," ungkapnya.

Pemko Pekanbaru juga berkoordinasi dengan distributor-distributor yang ada di luar kota untuk menunjang kebutuhan cabai di Pekanbaru. Agar tidak mengalami kenaikan harga. (rp.sul/*)

Tags : Pemko Pekanbaru Atasi Inflasi, Cabai dan Bawang Buat Inflasi, Pengiriman Cabai Disubsidi,