Headline News Kota   2023/01/16 19:41 WIB

Pemko Pekanbaru Berencana Buat Masterplan Jaringan Jalan, 'untuk Mengimbangi Pertumbuhan Penduduk'

Pemko Pekanbaru Berencana Buat Masterplan Jaringan Jalan, 'untuk Mengimbangi Pertumbuhan Penduduk'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana telah membuat rencana induk (masterplan) jaringan jalan untuk 40 tahun depan. Rencana ini guna mengimbangi pertumbuhan penduduk Pekanbaru yang terus bertambah.

"Pemko Pekanbaru buat sketsa tata ruang induk yang mencakup letak dan gambaran besar dari sebuah kawasan proyek infrastruktur secara komprehensif." 

"Kami telah membuat rencana induk (masterplan) Jaringan Jalan untuk 40 tahun ke depan. Ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) mengatakan bahwa penduduk Pekanbaru akan mencapai 5 juta jiwa dalam 10 tahun ke depan," kata Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution kepada media, Sabtu (14/1) kemarin.

Pemko Pekanbaru Berencana Buat Masterplan Jaringan Jalan, 'untuk Mengimbangi Pertumbuhan Penduduk.

Tetapi Indra Pomi Nasution kembali mengatakan, penduduk Kota Pekanbaru ini sekitar 1,2 juta saat ini seiring sudah menjadi kota metropolitan.

"Status kota metropolitan termasuk bagi penduduk yang tinggal di perbatasan Kampar, Siak, dan Pelalawan. Jadi, empat daerah ini sudah tergabung dalam Kota Metropolitan Pekansikawan dengan jumlah penduduk 2,5 juta jiwa," terangnya.

Menurutnya, saat penduduk sudah mencapai 5 juta jiwa, artinya Pekanbaru bukan lagi berstatus kota metropolitan. Tetapi, Pekanbaru adalah kota megapolitan.

Jadi kebutuhan masyarakat disini, kata dia akan terus berkembang terhadap jasa keuangan. (*)

Tags : Pemko Pekanbaru, Masterplan Jaringan Jalan, Masterplan untuk Mengimbangi Pertumbuhan Penduduk, News kota,