Pekanbaru   2024/06/13 8:58 WIB

Pemko Pekanbaru Evaluasi Kinerja Tiga Pimpinan OPD yang Masih Berstatus Plt

Pemko Pekanbaru Evaluasi Kinerja Tiga Pimpinan OPD yang Masih Berstatus Plt

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM – Pemko Pekanbaru tengah mengadakan evaluasi kinerja terhadap tiga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berstatus pelaksana tugas (Plt).

"Tiga Kepala OPD kinerjanya dievaluasi." 

"Kami mengevaluasi kinerja tiga kepala OPD dengan status Plt. Jika memang sangat dibutuhkan pejabat yang baru, kami akan membuka seleksi jabatan kepala OPD. Saat ini, kami masih dalam tahap perencanaan," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Gedung Daerah Riau pada Selasa (11/6).

Menurutnya, evaluasi dilakukan untuk memastikan efektivitas kinerja dan kebutuhan pengisian jabatan definitif di beberapa OPD yang strategis.

Ia menyampaikan bahwa jika hasil evaluasi menunjukkan perlunya pejabat baru, Pemko akan segera membuka seleksi jabatan.

Tiga jabatan kepala OPD yang saat ini dijabat Plt antara lain adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Pergantian ini perlu dilakukan mengingat Kepala DLHK sebelumnya diberi sanksi penurunan jabatan karena kinerja yang tidak memuaskan, Kepala Dinkes sebelumnya pindah tugas ke Pemprov Riau, dan Kepala Kesbangpol pensiun pada 1 Juni 2024.

Selain itu, Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, juga memanggil beberapa kepala dinas lain yang menjabat Plt, seperti Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), serta Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani yang juga menjabat Plt Kepala Dinkes, di rumah dinas Wali Kota pada 10 Juni.

"Evaluasi kinerja ini penting untuk memastikan bahwa pejabat Plt dapat menjalankan tugas dengan baik," sebut Sekdako.

Tetapi Sekdako kembali menyebutkan, jabatan Plt sementara itu menyebabkan kemungkinan mereka tidak fokus sepenuhnya.

"Kami berencana membuka seleksi jabatan untuk mengisi posisi ini dengan pejabat definitif," tambah Indra Pomi.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja OPD di Pekanbaru, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal.

Pemko Pekanbaru kini tengah menyiapkan proses seleksi untuk memastikan bahwa jabatan strategis ini diisi pejabat yang kompeten dan mampu mengemban tugas dengan baik. 

Tiga posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu masih belum terisi oleh pejabat definitif. 

Ketiga jabatan kosong tersebut adalah Kadiskes Kota Pekanbaru, Kepala DLHK Kota Pekanbaru, serta Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru.

Ingot Ahmad Hutasuhut, yang menjabat sebagai Plt Kepala DLHK, akan segera mengakhiri masa jabatannya pada 13 Juni 2024.

Ingot juga menjabat sebagai Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru.

Sementara itu, dua posisi Plt lainnya dijabat Arnaldo Eka Putra selaku Direktur RSD Madani Pekanbaru, yang merangkap sebagai Plt Kadiskes, dan Mirwansyah sebagai Plt Kaban Kesbangpol.

Jadi Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution kebali menerangkan, pihaknya tengah melakukan evaluasi kinerja. "Kami perlu melihat bagaimana kinerja mereka," katanya.

Meski demikian, Indra belum bisa memastikan kapan pejabat definitif akan mengisi ketiga posisi tersebut.

Ia hanya menyebutkan, proses seleksi untuk pejabat definitif akan segera dilakukan.

"Yang jelas dalam waktu segera, tentu kita ingin posisi itu bisa terisi agar tugasnya optimal," tutupnya. (*)

Tags : organisasi perangkat daerah, opd, pekanbaru, opd berstatus plt, kinerja opd dievaluasi,