News Kota   2023/07/19 22:13 WIB

Pemko Pekanbaru Kucurkan Dana Rp38 M untuk Pilkada 2024

Pemko Pekanbaru Kucurkan Dana Rp38 M untuk Pilkada 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, telah menyediakan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Pemko Pekanbaru kucurkan dana untuk Pilkada 2024."

"Ada surat edaran menteri dalam negeri (Mendagri), kami harus menganggarkan sekitar 40 persen dari APBD. Pemko Pekanbaru sudah menganggarkan untuk Pemilu sebesar 40 persen pada 2024 khusus untuk pilkada," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (19/7).

Anggaran itu disediakan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai pelaksana Pemilu.

Pemko telah menganggarkan biaya Pilkada untuk tahun ini dan tahun depan. Penggunaan terbesar akan digunakan KPU pada tahun depan sebesar Rp30 miliar.

Sementara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) anggarannya dari pemerintah pusat. Dikatakannya, pada tahun ini, anggaran untuk KPU dan Bawaslu dari Pemko Pekanbaru sudah dikucurkan.

"Anggaran untuk KPU Rp20 miliar dan bawaslu Rp2 miliar pada tahun ini," katanya.

Menurutnya, penggunaan anggaran lebih besar itu pada tahun 2024. Anggaran bagi KPU mencapai Rp30 miliar. Sedangkan anggaran untuk Bawaslu disiapkan Rp8 miliar.

Diketahui, Pemko Pekanbaru melalui Kesbangpol terus memberikan sosialisasi terkait Pemilu 2024. Mereka menyasar seluruh kalangan masyarakat untuk bisa berpartisipasi pada Pemilu serentak tahun depan. 

Total ada sekitar 700 ribu daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di Kota Pekanbaru. Sosialisasi rangkaian Pemilu telah dilakukan terhadap pemilih pemula. Bahkan Kesbangpol melakukan sosialisasi Pemilu ke sekolah-sekolah secara marathon. 

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk menyukseskan Pemilu serentak 2024 dengan cara datang ke TPS, dan gunakan hak pilih denganbijaksana. Pilih yang berkomitmen untuk memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat. (*)

Tags : pilkada 2024, dana pilkada 2024 rp38 m, pemko pekanbaru kucurkan dana pilkada, news kota,