Pekanbaru   2024/02/04 20:20 WIB

Pemko Pekanbaru Kucurkan Dana UHC Rp92 M untukJaminan Kesehatan Tahun 2024

Pemko Pekanbaru Kucurkan Dana UHC Rp92 M untukJaminan Kesehatan Tahun 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berkomitmen mendukung program Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah di tahun 2024.

"Pemko Pekanbaru mengucurkan dana Universal Health Coverage (UHC).

"Dana UHC untuk jaminan kesehatan masyarakat tahun 2024," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Jumat (2/2).

Pemko Pekanbaru telah menyalurkan dana sebesar Rp92 miliar ke BPJS Kesehatan.

Pj Muflihun, menjelaskan bahwa tahun sebelumnya mereka telah menyumbangkan sejumlah Rp41 miliar untuk mendukung program UHC.

Pada tahun ini, komitmen Pemko semakin kuat dengan pembayaran sebesar Rp92 miliar ke BPJS Kesehatan untuk memastikan kelancaran program kesehatan tersebut, sebutnya.

Program UHC yang digulirkan oleh Pemko Pekanbaru mencerminkan perhatian kepada seluruh warganya. Dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pekanbaru, semua warga dapat memanfaatkan program ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru menjelaskan bahwa Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah ini mencakup pengobatan untuk 144 jenis penyakit. Mulai dari penyakit ringan yang dapat dilayani di puskesmas hingga penyakit berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit mitra BPJS Kesehatan.

Program ini ditujukan khusus untuk warga Pekanbaru yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan. Kendati demikian, program ini terintegrasi dengan Kartu BPJS Kesehatan, dengan pengecualian penggunaan kartu tersebut untuk perawatan kecantikan.

Adapun syarat untuk mendapatkan layanan ini adalah memiliki KTP Pekanbaru dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah terdaftar secara online. Program ini fokus pada masyarakat non-pekerja dan warga yang belum memegang kartu BPJS atau kartu yang tidak aktif karena kendala pembayaran.

Meski memberikan pelayanan kelas 3, program ini memberikan akses kesehatan yang lebih luas kepada warga yang membutuhkan, sambil memperkuat komitmen Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap kesejahteraan masyarakatnya. (*)

Tags : Pemko Pekanbaru, Universal Health Coverage, dana UHC 2024, UHC untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat,