Pekanbaru   2024/09/30 11:6 WIB

Pemko Perbaikan SOP untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Puskesmas dan RS Madani

Pemko Perbaikan SOP untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Puskesmas dan RS Madani

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, saat ini tengah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di Puskesmas dan Rumah Sakit Madani.

"Pemko perbaikan Standar Operasional Prosedur (SOP)."

"Saya menginginkan agar program-program di Puskesmas dapat bersinergi dengan RS Madani. Salah satu contohnya, jika ada rekomendasi rujukan dari Puskesmas, kita bisa arahkan ke RS Madani," kata Penjabat (Pj) Risnandar Mahiwa, Minggu (29/9).

"Ini penting agar kita dapat memberdayakan fasilitas kesehatan milik kita sendiri. Kalau bukan kita yang mendukung RS Madani, siapa lagi," tambahnya.

Menurutnya, langkah ini diambil melalui perbaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan penguatan sinergi antara kedua fasilitas tersebut, dengan tujuan memaksimalkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan RS Madani.

Pemko juga fokus pada optimalisasi program Universal Health Coverage (UHC) demi memperluas akses layanan kesehatan bagi warga Pekanbaru.

Risnandar juga menegaskan bahwa evaluasi manajemen dan SOP di RS Madani tetap diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Kami ingin kepercayaan masyarakat untuk berobat di RS Madani semakin tinggi. Untuk itu, perbaikan manajemen dan pelayanan menjadi hal yang sangat penting," tambahnya.

Program UHC yang saat ini sedang berjalan. Ia menjelaskan bahwa pemerintah telah menambah anggaran sebesar Rp29 miliar untuk mendukung program tersebut.

Risnandar meminta agar penerima manfaat UHC, terutama kepala keluarga, dapat lebih proaktif dalam mengikuti program-program kesehatan pemerintah, seperti penimbangan bayi di posyandu, guna memantau kesehatan anak-anak balita.

"Terkait UHC, kami ingin agar rujukan yang biasanya diberikan kepada rumah sakit swasta, kini bisa lebih diarahkan ke RS Madani. Ini bukanlah sebuah keharusan, tetapi lebih kepada upaya untuk memperbaiki manajemen dan pelayanan di RS Madani. Selain itu, hal ini juga membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," jelas Risnandar.

Pemerintah,katanya tidak hanya berfokus pada RS Madani, tetapi juga akan terus mendorong peningkatan pelayanan di rumah sakit swasta dan Puskesmas.

"Kita berlomba-lomba untuk memperbaiki pelayanan kesehatan, baik di RS Madani, RS swasta, maupun di Puskesmas," sebutnya.

Melalui langkah-langkah ini, sambungnya, diharapkan pelayanan kesehatan di Pekanbaru akan terus mengalami peningkatan dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : peningkatan pelayanan kesehatan, pekanbaru, pemko tingkatkan pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan ditingkatkan di puskesmas dan rumah sakit madani,