Headline Pekanbaru   2021/09/29 10:45 WIB

Pemko Percepat Pemulihan Ekonomi di PPKM Level 2, dengan 'Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi'

Pemko Percepat Pemulihan Ekonomi di PPKM Level 2, dengan 'Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi'

PEKANBARU - Pemerintah Kota [Pemko] Pekanbaru mempercepat pemulihan ekonomi di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat [PPKM] level 2 dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Kota Pekanbaru saat ini sudah berada di PPKM level 2. Sehingga, kami telah fokus menggerakkan ekonomi," kata Walikota Pekanbaru Firdaus.

Walikota Firdaus mengatakan, pandemi corona sudah berjalan dua tahun. Pandemi ini berdampak para perekonomian. Krisis kesehatan dan krisis ekonomi membuat perubahan kebijakan-kebijakan anggaran. Pergeseran anggaran harus dilakukan dengan menyesuaikan dengan kondisi terkini. Pengendalian Covid-19 harus ditingkatkan. Sehingga, Pekanbaru bisa masuk ke PPKM level 1 pekan depan.

"Dengan aktivitas perekonomian yang yang lebih longgar, maka pekanbaru bisa kembali membangun perekonomian yang sempat melambat dua tahun terakhir, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan serta UMKM. Sesuai rencana kerja pemerintah pada 2021, kami mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial," kata Firdaus seperti dirilis pgi, Senin (27/9).

Tahun 2021 merupakan masa yang sangat penting dalam akselerasi dalam pemulihan ekonomi. Pemerintah daerah dapat mengupayakan refocusing dan percepatan realisasi belanja anggaran dan belanja daerah guna mendanai program prioritas seperti kesehatan, bantuan sosial, dan dukungan vaksinasi untuk masyarakat.

Sementara Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri berpendapat, masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Kota Pekanbaru diharapkan segera mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya membantu pemerintah untuk memantau pergerakan penyebaran Covid-19. "Fungsi aplikasi PeduliLindungi ini bertujuan menciptakan perlindungan diri sendiri serta orang-orang di sekitar. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi skrining untuk memasuki suatu tempat. Untuk itu bagi pelaku usaha yang ada di Pekanbaru, saya sarankan segera mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi ini," katanya.

Aplikasi ini dinilai penting diterapkan bagi para pelaku usaha. Mengingat, saat ini Kota Pekanbaru tengah berada di PPKM Level 2. Artinya, roda perekonomian kian mulai bangkit kembali usai penerapan PPKM Level 4 selama hampir 2 bulan. "Supaya kita terpantau masyarakat yang kondisinya itu positif covid-19," ujarnya.

Politisi Demokrat ini juga mengimbau masyarakat agar senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah meskipun sudah menjalankan program vaksinasi Covid-19. "Walaupun kita sudah vaksin, masyarakat tetap pakai masker. Jangan lengah," sebutnya.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. (*)

Tags : Pemko Pekanbaru, Percepat Pemulihan Ekonomi, PPKM Level 2, Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi,