Pekanbaru   2023/12/05 12:6 WIB

Erupsi Gunung Marapi Sumbar Pengaruhi Pekanbaru, 'Diprediksi Bisa Terjadi Kelangkaan Pangan'

Erupsi Gunung Marapi Sumbar Pengaruhi Pekanbaru, 'Diprediksi Bisa Terjadi Kelangkaan Pangan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan upaya antisipasi pasca erupsinya Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar).

"Gunung marapi Sumbar erupsi pada Minggu 3 Desember 2023."

"Upaya antisipasi dilakukan untuk menjaga ketersediaan bahan pangan di Kota Pekanbaru tercukupi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru Maisisco, Selasa (5/12/2023).

Mengingat Sumatera Barat merupakan salah satu daerah pemasok sejumlah kebutuhan pangan di Kota Pekanbaru. Apalagi, di bawah Gunung Marapi merupakan salah satu tempat produksi bahan pangan.

Maisisco mengatakan, dirinya juga mengetahui bahwa kemarin Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) terjadi erupsi. Tentunya, Sumbar salah satu pemasok bahan pangan akan berdampak pada konsumen.

"Apakah nanti berpengaruh langsung dengan kebutuhan pangan di Kota Pekanbaru, khususnya cabai ya, tentu ini akan kita komunikasikan dulu," ujar Maisisco.

Ditambah lagi, dalam bulan ini juga ada perayaan Natal dan Tahun Baru. Tentu kondisi ini akan memicu naiknya kebutuhan pokok.

"Tentu ini yang perlu kami komunikasikan dalam hal ini kita akan komunikasi dengan walikota ataupun sekda. Dan kita juga sudah ada melakukan komunikasi dengan BPS Kota Pekanbaru, terkait langkah konkrit untuk seperti penanganan di ketahanan pangan untuk Nataru. Terlebih ada insiden ini," katanya.

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan di lapangan. Meski begitu, Ia menilai harus ada langkah cepat yang akan dilakukan Pemko Pekanbaru untuk mencari titik produksi lain.

"Kita akan cari titik produksi lain selain Sumbar, semisal di wilayah Sumut, bisa Aceh, Dumai atau daerah kabupaten tetangga kita. Tentu kita mempersiapkan ini. Ditambahkan lagi ada kemungkinan-kemungkinan lain terkait cuaca saat ini yang sering turun hujan tentu ini akan mempengaruhi kondisi," ungkapnya.

Ia khawatir, kondisi hujan ini akan membuat sejumlah komoditi seperti cabai dan bawang itu terkendala. Hujan cukup tinggi, tentunya akan membuat produksi pertanian berpengaruh. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Pemko Prediksi akan Terjadi Kelangkaan Pangan dengan Gunung Marapi Sumbar Erupsi,