Pekanbaru   2022/11/07 8:8 WIB

Pemko Sediakan 3 Ribu Paket Sembako di Pasar Murah, 'untuk Kendalikan Inflasi'

 Pemko Sediakan 3 Ribu Paket Sembako di Pasar Murah, 'untuk Kendalikan Inflasi'

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar pasar murah di beberapa kecamatan untuk pengendalian inflasi di daerah.

"Pemko sediakan 3 ribu paket Sembako di Pasar Murah."

"Kita masih bahas untuk lokasi titik pasar murah. Rapat bersama dengan Asisten I dan Disperindag," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, Minggu (6/11).

Dalam pasar murah itu, Pemko Pekanbaru menyediakan sekitar 3.000 paket sembako.

Pelaksanaan pasar murah tersebut masih dalam persiapan. Pihaknya bersama OPD terkait bakal mematangkan lagi rencana kegiatan pasar murah ini.

Ada sejumlah bahan pokok yang disiapkan pada kegiatan pasar murah nanti. Pihaknya memastikan, bahan pokok yang dijual akan lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

Jamil menyebut, ada beberapa komoditi yang diperkirakan akan alami kenaikan. Seperti beras yang saat ini produksi di daerah penghasil mulai berkurang dan mulai terjadi kekurangan pasokan.

"Sehingga masuknya (pasokan) ke Kota Pekanbaru akan berkurang, kebutuhan juga akan meningkat dan harga tentu juga akan naik," sebutnya.

Pemko Pekanbaru juga berencana turun ke pasar melakukan inpeksi mendadak (sidak). Hal itu untuk memastikan ketersediaan pasokan yang ada di pasaran.

"Kita turun bersama OPD, kepolisian dan kejaksaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya lonjakan harga. Kita pastikan di lapangan apakah memang pasokan kurang atau ada penimbunan barang," katanya.

Menurutnya, kenaikan harga tidak hanya pada beras, namun juga daging sapi yang masih alami tren kenaikan. Untuk komoditi ini harganya berkisar Rp160-165 ribu per kilogram.

"Ini diakibatkan suplay kurang. Dari daerah pemasok ke Pekanbaru sapi yang dikirimkan tidak banyak," ungkapnya. (rp.sul/*)

Tags : Pasar Murah, Pemko Pekanbaru Gelar Pasar Murah, Pasar Murah Kendalikan Inflasi,