Headline Pekanbaru   2023/11/05 15:27 WIB

Pemko Segera Cairkan Beasiswa Mahasiswa yang Bersumber APBD-P 2023 

Pemko Segera Cairkan Beasiswa Mahasiswa yang Bersumber APBD-P 2023 

PEKANBARU - Pemerintah Kota [Pemko] Pekanbaru akan salurkan bantuan beasiswa tahap II. Bantuan beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan keluarga kurang mampu yang tidak terakomodir pada APBD murni 2023.

"Pemko segera cairkan beasiswa mahasiswa di 2023."

"Karena di APBD murni tidak terakomodir semua, makanya dimasukan ke APBD-P sesuai arahan bapak Pj Walikota. Jadi, di APBD-P ini khusus membayar kekurangan kemarin (yang tidak terakomodir di APBD murni)," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra, Jumat (3/11).

Tri mengatakan, bahwa untuk penyaluran beasiswa tersebut masih menunggu proses pemakaian APBD Perubahan 2023.

Namun yang pasti kata Putra, penyaluran beasiswa tersebut akan diserahkan sebelum akhir tahun 2023. "Yang jelas, sebelum akhir tahun ini sudah dibayarkan. Karena anggarannya sudah tersedia di APBD-P," ujar Putra.

Dikatakannya, bantuan beasiswa tahap dua merupakan bentuk komitmen Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, untuk membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.

Hanya saja, pada APBD murni 2023 beasiswa tersebut tidak terakomodir semua. Sehingga, untuk memenuhi kekurangan tersebut, maka dianggarkan kembali pada APBD Perubahan.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, kembali memberikan bantuan beasiswa yang sempat ditiadakan sejak beberapa tahun terakhir. Dari ribuan mahasiswa yang mendaftar, Pemko Pekanbaru baru mengakomodir 488 mahasiswa pada APBD 2023.

Total ada 1.200 mahasiswa yang mendaftar beasiswa Pemko Pekanbaru tersebut. Dari ribuan mahasiswa, ada 615 orang yang memenuhi persyaratan.

Namun dari mereka yang memenuhi syarat baru 488 mahasiswa yang terakomodir oleh Pemko Pekanbaru. Sementara sisanya dianggarkan pada APBD Perubahan 2023 Pemko Pekanbaru.

Untuk itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun berjanji akan menyiapkan anggaran di APBD-Perubahan 2023 agar mahasiswa yang belum terakomodir juga bisa mendapatkan bantuan beasiswa yang sama.

"Berapapun yang lolos (memenuhi persyaratan) akan kita tampung dan sisanya akan kita coba berikan di APBD Perubahan 2023. Sehingga tidak ada kekecewaan dari masyarakat," sebutnya.

Pada program ini, bantuan beasiswa diberikan untuk jenjang pendidikan Strata Satu (S1) sebesar Rp4 juta dan Diploma Tiga (D-III) diberikan sebesar Rp3 juta. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : bantuan beasiswa, pemko cairkan beasiswa mahasiswa, dana beasiswa dari apbdp 2023  ,