Pekanbaru   2023/02/27 16:27 WIB

Pemko Tetap Komitmen Lanjutkan Pembangunan Cik Puan, 'Tapi Masih Cari Pola Baru Atasi Pasar Terbengkalai'

Pemko Tetap Komitmen Lanjutkan Pembangunan Cik Puan, 'Tapi Masih Cari Pola Baru Atasi Pasar Terbengkalai'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemko Pekanbaru berkomitmen melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan yang berada Jalan Tuanku Tambusai (Nagka) yang kini terbengkalai.

"Pembangunan pasar Cik Puan tetap di lanjutkan."

"Pasti ya (dilanjutkan). Sekarang kita sedang mencari pola untuk melanjutkan bangunan ini, apakah menggunakan dana pihak ketiga atau dana APBN," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat (24/2/2023).

Begitupun pada tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Cik Puan yang berada di samping bangunannya terbakar pada Minggu 19 Februari2023 lalu. Indra Pomi Nasution mengatakan, Pemko Pekanbaru pasti akan melanjutkan pembangunan pasar tersebut.

Menurutnya, untuk melanjutkan pembangunan pasar itu membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga tidak mampu didanai melalui APBD Pemko Pekanbaru.

"Karena membutuhkan biaya banyak, kalau APBD tentu tidak sanggup," katanya.

Ia menyebut, Pemko Pekanbaru telah mengajukan bantuan anggaran pembangunan Pasar Cik Puan ke Kemendag. Namun, anggaran untuk pembangunan pasar tersebut cukup besar, sehingga dialihkan ke PUPR.

Pihaknya juga membicarakannya dengan Pemprov Riau untuk pembangunan itu.

"Sekarang sedang kita lakukan pembicaraan-pembicaraan baik dengan pusat maupun provinsi," sebutnya.

Pemko Pekanbaru tak menutup kemungkinan pembangunan pasar tersebut dilanjutkan dengan kerjasama pihak ketiga.

"Kemudian kalau ada pihak ketiga yang berminat (melanjutkan pembangunan), nanti kita bahas. Kita sesuaikan dengan Permendagri yang berkaitan dengan pemanfaatan aset daerah," jelasnya.

Diketahui, aset Pasar Cik Puan kini telah resmi milik Pemko Pekanbaru. Aset ini diterima Pemko Pekanbaru dari Provinsi Riau pada tahun 2022 lalu.(rp.su/*)

Tags : pasar cik puan, pemko pekanbaru akan lanjutkan pembangunan pasar cik puan, pemko cari pola baru atasi pasar terbengkalai,