Riau   2024/07/04 11:44 WIB

Pemprov Gandeng Baznas Dirikan Rumah Singgah Juga Fasilitasi Pasien Luar Kota

Pemprov Gandeng Baznas Dirikan Rumah Singgah Juga Fasilitasi Pasien Luar Kota

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggandeng Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau dalam menyalurkan berbagai bantuan.

"Pemprov Riau buat rumah singgah bagi masyarakat yang akan berobat."

"Saya lihat sendiri tadi banyak yang berobat ke sini (RSUD Arifin Ahmad). Bahkan dari beberapa kabupaten, sama Baznas juga saya bilang kalau bisa persiapkan rumah singgah. Jadi dari RSUD bisa mengarahkan penginapan di sana," kata Pj Gubri SF Hariyanto, Rabu (3/7/).

Pj Gubri SF Hariyanto mengatakan rumah singgah dibuat untuk meringankan pasien berobat. Khususnya di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru yang tengah melakukan rawat jalan agar dapat tempat tinggal yang layak.

Lewat program rumah singgah, SF menilai pasien tak lagi perlu melakukan perjalanan jauh untuk berobat ke Pekanbaru.

Sehingga sangat penting sinergitas dengan pihak yang berkepentingan dalam membantu masyarakat kurang mampu lewat berbagai program sosial dan kesehatan.

"Jadi masyarakat tak usah lagi berangkat pagi pulang sore, kasian kita. Kita minta semuanya ayo mari lebih baik lagi dan bisa memberikan yang terbaik untuk pelayanan masyarakat," katanya.

Terpisah, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau Masriadi Hasan mengatakan saat ini sudah ada dua rumah singgah siap dihuni.

Rumah singgah berlokasi strategis di pusat Kota Pekanbaru, dekat dengan beberapa rumah sakit rujukan untuk pasien kanker.

"Kapasitasnya untuk saat ini ada 23 kamar. Sehingga bagi masyarakat luar kota bisalah mereka untuk memanfaatkannya," katanya.

Program tersebut ditujukan untuk kategori duafa. Sehingga banyak penderita kanker terbantu dan dapat menjalani pengobatan dengan lebih tenang.

"Rumah singgah merupakan bentuk respons kita terhadap banyaknya pasien luar daerah yang rawat jalan. Sebagian besar di antara mereka adalah dhuafa, jadi tidak mungkin menyewa tempat atau hotel maka kita buat rumah singgah untuk mengakomodir agar tetap di Pekanbaru," kata Masriadi.

Lokasi Rumah Singgah sendiri berada di Jalan Hangtuah Ujung Nomor 124c Suka Mulya, Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Lalu rumah Singgah ke dua berada di Diponegoro Nomor 29, Suka Mulya, Sail Kota Pekanbaru. (*)

Tags : pemprov riau, pj Gubri sf hariyanto, pemprov gandeng baznas, rumah singgah untuk fasin, rumah singgah layani pasien luar kota,