Riau   2022/04/21 23:25 WIB

Pemprov Riau Bersama Paguyuban Sinar Mas Bikin Pasar Murah di Pekanbaru

Pemprov Riau Bersama Paguyuban Sinar Mas Bikin Pasar Murah di Pekanbaru

Pemprov Riau bersama paguyuban Sinar Mas membuka pasar murah masyarakat Kota Pekanbaru beramai-ramai mendatanginya.

PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru beramai-ramai mendatangi komplek GOR Gelanggang Remaja di Jalan Sudirman, sejak pukul 08.00 WIB tadi.

"Masyarakat memanfaatkan kesempatan berbelanja minyak goreng dan kebutuhan sehari-hari lainnya yang dibanderol murah."

“Pasar murah diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan juga oleh perusahaan pada hari ini dan perusahaan juga membantu warga kita yang terdampak kepada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok," kata Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (21/4/2022).

"Kami (pemerintah) mengucapkan terima kasih kepada perusahaan. Hari ini dari group perusahaan Sinar Mas yang telah menyelenggarakan termasuk juga dari Bulog dan juga ada keikutsertaan masyarakat. Ini bagian dari kepedulian kepada masayarakat, khususnya rangka untuk mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri yang tidak lama lagi," sambung Gubri.

Beberapa tenda dan booth telah berdiri di antaranya dari Paguyuban Sinar Mas yang terdiri dari PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) dan PT Arara Abadi yang merupakan unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Selain minyak goreng murah, di booth Sinar Mas juga menyediakan kertas tisu dan pemeriksaan kesehatan gratis, termasuk pengecekan darah dari RS Eka Hospital. Selain itu, ada juga internet celluler Smartfren yang juga salah satu unit usaha dari APP Sinar Mas.

Gubernur Syamsuar tiba di lokasi dan mendatangi booth Paguyuban Sinar Mas. Masyarakat tampak tertib antre dengan tetap menggunakan masker menunggu kedatangannya. Terlihat juga pimpinan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Hasanuddin The, Pimpinan PT Arara Abadi Edi Haris dan Pimpinan Paguyuban Sinar Mas serta Humas PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Nurul Huda yang ikut menyambut dan mendampingi kedatangan Gubernur Syamsuar beserta rombongan.

Setelah berbincang dan bertegur sapa dengan masyarakat, Gubri Syamsuar secara simbolis menyerahkan paket bazar minyak goreng Sinar Mas kepada beberapa masyarakat dengan terlebih dahulu menukar kupon yang didapat mereka dari kelurahan masing-masing.

Gubri sangat mengapresiasi kegiatan bazar minyak goreng Sinar Mas ini dan mengucapkan terima kasih atas peran swasta dalam meringankan beban ekonomi masyarakat saat ini yang sempat merasakan langkanya minyak goreng dan harga yang melambung tinggi.

"Kegiatan pasar murah hari ini adalah pasar murah yang terakhir di Pekanbaru."

”Untuk Kota pekanbaru kegiatan pasar murah ini adalah hari terakhir. Sudah ada enam titik pelaksanaan pasar murah di Pekanbaru yang dilaksanakan Pemda Riau, tetapi jika perusahaan mau mengadakan, bisa-bisa saja," katanya.

Sementara Kadisperindag Riau, M Taufiq OH menambahkan, mekanisme pasar murah ini, masyarakat di beberapa kecamatan di Kota Pekanbaru yang mendapat kupon dari perusahaan Group Sinar Mas.

"Sementara bagi masyarakat yang kecamatannya belum dapat kupon dari Sinar Mas, bisa mengantre seperti yang biasa dilaksanakan Bulog dan Disperindag. Selain itu, juga tersedia minyak curah di sini," sebutnya.

Sementara itu, Direktur IKPP Hasanuddin The di sela-sela kegiatan kepada media menjelaskan, kegiatan ini bakal dilaksanakan Paguyuban Sinar Mas bekerja sama dengan pemerintah setempat setiap tahun guna membantu dan meringankan beban ekonomi masyarakat. Apalagi beberapa waktu lalu harga minyak goreng sempat melonjak tinggi.

Ia juga mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian perusahaan-perusahaan sister company yang merupakan bagian dari Sinar Mas.

"Selain melaksanakan bazar minyak goreng dengan harga murah, kita juga menyediakan tisu produk perusahaan kita dengan harga jauh di bawah harga pasar. Sekaligus pelayanan pengobatan gratis dari salah satu sister company kita, Eka Hospital Pekanbaru," katanya.

Di kesempatan terpisah, Nurul Huda menambahkan, “Kegiatan yang dilakukan oleh unit-unit Usaha APP Sinar Mas termasuk mitranya yang berada di Riau ini juga sekaligus bersempena peringatan 100 tahun Eka Tjipta Widjaya sebagai bapak pendiri Sinar Mas."

"Kegiatan ini juga dengan keterlibatan Yayasan Muslim Sinar Mas dan Eka Tjipta Foundation. Masyarakat bisa menukarkan kupon yang didapat dengan 2 liter minyak goreng Filma, produk PT Smart TBK yang juga salah satu unit usaha APP Sinar Mas. Masyarkat dapat membawa pulang 1 kupon dapat 2 liter dengan harga minyak Rp15.000/liter,” sebutnya. (*)

Tags : Pemprov Riau bersama Paguyuban Sinar Mas Bikin Pasar Murah di Pekanbaru,