News   2024/08/24 10:51 WIB

Pemprov Riau Buka Pendaftaran CPNS 2024, Kepala BKD: Fokus Tenaga Kesehatan-Teknis, Jangan Tergiur Calo

Pemprov Riau Buka Pendaftaran CPNS 2024, Kepala BKD: Fokus Tenaga Kesehatan-Teknis, Jangan Tergiur Calo
Ilustrasi pendaftaran cpns 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi Riau telah membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai 22 Agustus - 2 September 2024.

"Peserta CPNS yang ingin mendaftar bisa melalui http://bkd.riau.go.id."

"Dari 80 formasi yang dibuka itu, rinciannya untuk tenaga kesehatan 22 orang dan formasi tenaga teknis sebanyak 58 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Mamun Murod, Jumat (23/8).

Mamun Murod mengatakan, untuk penerimaan CPNS tahun ini, akan dibuka 80 kuota dengan dengan formasi, yakni tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Saat mengikuti seleksi, Mamun Murod mengimbau peserta untuk fokus pada proses yang berjalan dan mengikuti secara jujur.

Dalam artian, tidak tergiur dengan calo.

"Saat ini sistem penjaringan seleksi menggunakan teknologi ataupun Computer Assisted Test (CAT). Jadi akan sangat susah ditembus oleh oknum-oknum," katanya.

"Jangan pernah memberikan uang kepada orang-orang yang mengaku bisa menjaminkan kuota ataupun posisi sebagai PNS. Tak bisa itu, sudah pakai teknologi IT," sambungnya.

Untuk diketahui, pengumuman penerimaan seleksi CPNS di link, dijadwalkan baru akan diumumkan pada 22 Agustus 2024. Dan mulai Kamis, 22 Agustus 2024 pelamar bisa menguploud pendaftaran CPNS.

Pemerintah melalui BKN memberi rentan waktu dari 20 Agustus 2024 hingga 2 September 2024 jadwal pengumuman seleksi CPNS tahun anggara 2024.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah membuka seleksi CPNS sejak pada Kamis 22 Agustus 2024 kemarin dan akan berlangsung hingga 2 September 2024 mendatang.

Bagi masyarakat yang berminat, pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau di http://bkd.riau.go.id, kata Mamun Murod.

Proses pendaftaran CPNS tahun ini memberikan kesempatan bagi peserta yang telah lulus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk ikut mendaftar.

“Pendaftaran sudah dibuka untuk CPNS, dan hari ini sudah kita unggah, mudah-mudahan tidak ada kendala. Ada keuntungan bagi PPPK yang sudah lulus, mereka juga diperbolehkan mendaftar," kata Murod.

"Kalaupun tidak lulus sebagai CPNS, mereka tetap bisa kembali bekerja sebagai PPPK tanpa syarat mundur,” sambungnya.

Lebih lanjut, Murod menjelaskan, tahun ini Pemprov Riau mendapatkan kuota penerimaan CPNS sebanyak 80 orang. Penerimaan ini difokuskan pada dua formasi utama, yakni tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

"Pemprov Riau tidak membuka formasi guru karena formasi tersebut lebih banyak tersedia di seleksi PPPK. Jadi, seleksi CPNS Pemprov Riau tahun ini tidak ada untuk guru. Dari 80 formasi yang dibuka, 22 di antaranya untuk tenaga kesehatan dan 58 untuk tenaga teknis,” jelasnya.

Selain itu, Murod menambahkan bahwa setelah seleksi CPNS selesai, pendaftaran untuk PPPK akan dibuka.

“Tahun ini, kuota PPPK cukup besar, mencapai 6.560 orang. Hal ini karena tahun ini menjadi kesempatan terakhir bagi tenaga honorer untuk diangkat menjadi PPPK. Mulai tahun depan, tidak akan ada lagi penerimaan tenaga honorer,” tambahnya.

Sebagai informasi, pengumuman seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Riau mulai diumumkan pada 22 Agustus 2024.

Pelamar sudah bisa mengunggah dokumen pendaftaran sejak hari ini. Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan rentang waktu pendaftaran dari 20 Agustus 2024 hingga 2 September 2024. (*)

Tags : calon pegawai negeri sipil, pemprov riau buka pendaftaran cpns 2024, penerimaan cpns fokus tenaga kesehatan dan teknis, News,