Riau   2022/07/14 20:38 WIB

Peningkatan PMK di Riau Terus Terjadi dalam Dua Pekan Terakhir, 'Vaksin Sapi Mulai Dikerahkan'

Peningkatan PMK di Riau Terus Terjadi dalam Dua Pekan Terakhir, 'Vaksin Sapi Mulai Dikerahkan'

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Sapi di Riau terus terjadi peningkatan dalam dua pekan terakhir. 

PEKANBARU- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mendistribusikan ribuan vaksin sapi karena sudah terjadi peningkatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Pemprov Riau distribusikan vaksin sapi karena sudah terjadi peningkatan kasus PMK."

"Vaksin kita distribusikan di semua daerah, dan tidak hanya di daerah terpapar kasus PMK. Bahkan target radius 10 Km dari kasus agar tidak menyebar," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Faralinda Sari pada Media, Rabu (13/7).

Vaksin yang dikirim tergantung populasi hewan ternak di daerah sebarapa banyak yang tertular. Tetapi itu dilakukan karena memang sudah terjadi peningkatan kasus PMK di Riau.

Vaksin itu bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan). Total sekitar 7.400 dosis vaksin PMK sudah disuntik ke hewan ternak di Riau, kata Faralinda Sari.

"Vaksin PMK yang 7.400 dosis sudah semua kita suntikan ke hewan ternak," sebutnya,

Faralinda menyebut vaksin itu tidak hanya disuntik ke hewan ternak di daerah terpapar PMK. Tetapi vaksin didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota se-Riau.

Pihaknya masih menunggu distribusi bantuan vaksin kedua dari pusat. Diperkirakan pekan ini atau pekan depan sampai ke Riau.

Untuk vaksin PMK tahap kedua Riau juga dapat bantuan 50 ribu dosis. "Jadi kita tunggu, setelah itu baru kita distribusikan ke daerah, dengan harapan seluruh hewan ternak bisa disuntik vaksin PMK," katanya. (*)

Tags : Pemprov Riau Distribusikan Vaksin Sapi, Penyakit Mulut dan Kuku Sapi, Penyakit PMK Menyebar, Peningkatan Kasus PMK,