Headline News   2020/08/14 09:23:00 PM WIB

Pemprov Riau Kembali Ingatkan Kabupaten/Kota Salurkan Dana Bansos Covid-19

Pemprov Riau Kembali Ingatkan Kabupaten/Kota Salurkan Dana Bansos Covid-19

PEKANBARU - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, Dahrius Husein kembali mengingatkan Kabupaten/Kota agar segera menyalurkan Dana Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 kepada masyarakat.

"Seharusnya pemerintah kabupaten/kota bisa melihat secara langsung mana warga yang memang dianggap layak dan tidak untuk menerima bantuan keuangan tersebut. Intinya, verifikasi data penerima manfaat bisa dilakukan sambil jalan," ujar Dahrius, Jumat (14/8/2020).

Kepada 12 Kabupaten/Kota segera menyalurkan dana Bansos guna membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 mengingat sampai saat ini masih ada kabupaten yang belum merealisasikannya. Verifikasi data, terhadap warga penerima sebenarnya bisa dilakukan secara bersamaan dengan penyaluran dana bantuan. "Yang penting saat ini, bagaimana bantuan keuangan untuk warga terdampak Covid-19 tersebut, bisa disalurkan dan dipastikan sampai ke warga yang benar - benar layak dan membutuhkan," sebutnya.

Setidaknya untuk tahap pertama sudah tersalurkan, mengingat bantuan ini akan disalurkan dalam 3 tahap. Sebelumnya, Dinsos mencatat hingga kini masih ada 7 kabupaten/kota di Riau yang masih belum  menyalurkan dana bantuan sosial  kepada warga yang terdampak Covid-19. Kabupaten/kota yang belum menyalurkan bantuan tersebut seperti Inhil, Siak, Kampar, Rohil, Pelalawan, Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Tercatat baru 5 kabupaten/kota di Riau yang sudah salurkan dana untuk jering pengamanan sosial ini, di antaranya Dumai, Kuansing, Pekanbaru, Inhu dan Rohul. "Itupun beberapa daerah masih dalam proses penyaluran, artinya belum tuntas semua," kata Dahrius Husein dalam siaran pers di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru kemarin. (*)

Tags : Dinas Sosial Riau, Dana Bantuan sosial, Covid-19,