Headline Agama   2023/05/11 12:30 WIB

Pemprov Riau Tanggulangi Transportasi untuk Berangkatkan Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci

Pemprov Riau Tanggulangi Transportasi untuk Berangkatkan Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menanggulangi keberangkatkan Calon Jamaah Haji (CJH) ke tanah suci.

"Pemprov Riau anggarkan biaya sewa bus hingga pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru."

"Sewa bus juga proses lelang, anggarannya kita siapkan sekitar Rp800 juta. Karena syarat EHA itu biaya keberangkatan jemaah mulai dari asrama hingga ke Embarkasi Haji Batam dibiayai oleh pemerintah daerah," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur seperti dirilsi mediacenter riau.go.id, Kamis (11/5).

Sebelumnya telah dilakukan lelang bus untuk pemberangkatan JCH dari asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

 

Sedangkan Kemenag Provinsi Riau menyampaikan, kloter pertama Jamaah Calon Haji (JCH) Riau dijadwalkan mulai berangkat ke Makkah pada 24 Mei 2023 mendatang. Kloter pertama Riau berjumlah sebanyak 374 orang.

JCH akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi melalui Bandara International Hang Nadim Batam. Sebelum berangkat ke Batam, para calon jamaah haji terlebih dahulu akan masuk asrama haji yang berada di Jalan Mekar Sari Pekanbaru, pada 23 Mei 2023 mendatang.

Pemprov Riau juga telah menganggarkan biaya untuk sewa pesawat buat keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH).

"Sewa pesawat terbang untuk keberangkatan jemaah haji Riau saat ini proses lelang," sambung Zulkifli Syukur. 

Pihaknya menargetkan proses lelang sewa pesawat sebelum 17 Mei mendatang sudah ada hasil. 

"Untuk sewa pesawat kita alokasikan anggaran sebesar Rp36 miliar. Kita harapkan sebelum 17 Mei sudah ada pemenangnya, siapa pemenangnya tergantung mana maskapai yang ikut proses lelang lelang," kata Zulkifli.

Sewa pesawat terbang tersebut untuk keberangkatan 14 kloter JCH asal Riau. Di mana masing-masing kloter terdapat 374 orang jemaah. 

"Kalau tahun lalu yang menang tender sewa pesawat itu maskapai Lion Air. Karena sekarang masih proses tender. Kita tunggu saja maskapai mana yang menang," sambungnya. (*)

Tags : jemaah calon haji, pemprov riau berangkatkan jch, pemprov riau tanggulangi transportasi jch, jch ke tanah suci, news,