News   2024/09/23 11:39 WIB

Pemprov Tunjuk Kadisperindagkop UKM Riau Jadi Plh Sekda Riau untuk Gantikan SF Hariyanto

Pemprov Tunjuk Kadisperindagkop UKM Riau Jadi Plh Sekda Riau untuk Gantikan SF Hariyanto
Taufiq OH ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemprov Riau resmi menunjuk Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK (Kadisperindagkop UKM) Riau, Taufiq OH sebagai Plh Sekdaprov Riau menggantikan SF Hariyanto.

"Pemprov menunjuk Kadisperindagkop UKM Riau jadi Plh Sekda Riau."

"Untuk Sekda Riau pak Pj Gubernur menunjuk Plh-nya pak Taufiq OH. Sedangkan untuk tiga jabatan eselon II Pemprov Riau lainnya ditunjuk Plt sambil menunggu proses seleksi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Mamun Murod, Senin (23/9/2024).

Hal itu bersamaan dengan telah ditetapkannya SF Hariyanto sebagai bakal calon wakil gubernur Riau oleh KPU pada Minggu (22/9/2024) kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Mamun Murod menyebutkan, selain jabatan Sekda Riau, terdapat tiga jabatan lain yang mengalami kekosongan pasca maju Pilkada.

Disebutkannya, tiga jabatan lainnya itu berada di Sekwan DPRD Riau, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau.

"Untuk Sekwan DPRD Riau itu Plt-nya Kabag Persidangan Hukum Khuzairi, Plt Kadis ESDM itu Sekretarisnya Sakinah. Lalu, untuk Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau salah satu Kabid, kalau tak salah Heri Afrizon (Kabid Agribisnis Perternakan)," jelasnya.

Sebelumnya, Pj Gubri, Rahman Hadi telah memberi sinyal akan melakukan seleksi terbuka untuk pengisian jabatan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau. Termasuk seleksi Sekdaprov Riau.

Asesmen ini dibuka menyusul adanya sejumlah jabatan eselon II di Pemprov Riau yang akan mengalami kekosongan jabatan.

Beberapa diantaranya akibat adanya sejumlah pejabat yang maju di Pilkada serentak, sehingga tidak lagi menjadi PNS terhitung sejak tanggal penetapan pasangan calon oleh KPU.

"Untuk jabatan yang kosong-kosong itu sementara kita tunjuk Plt-nya dulu, sambil mempersiapkan untuk pengisian secara permanen melalui seleksi terbuka (asessmen)," kata Pj Gubri, Rahman Hadi.

Untuk pengisian jabatan eselon II tersebut, pihaknya harus meminta izin dari Kemendagri terlebih dahulu. Setelah itu baru dibentuk tim panitia seleksi (Pansel).

"Setelah dibentuk tim Pansel baru dibuka asesmen nya, hasilnya nanti kita ajukan lagi ke Pak Mendagri untuk pelantikan," sebutnya.

Untuk diketahui, pasca penetapan calon kepala daerah, berimbas terhadap kekosongan empat jabatan di lingkungan Pemprov Riau.

Keempat pejabat itu yakni, Sekdaprov Riau SF Hariyanto yang maju menjadi wakil gubernur Riau berpasangan dengan Abdul Wahid.

Kemudian, Sekwan DPRD Riau, Muflihun yang maju di Pilwako Pekanbaru dan Kepala Dinas ESDM Riau, Herman maju Pilkada Inhil.

Lalu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau, Masrul Kasmy yang maju di Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti. (*)

Tags : pengangkatan pelaksana harian sekdaporv, pemprov tunjuk Kadisperindagkop UKM Riau Jadi Plh Sekda Riau, Aufiq OH Gantikan SF Hariyanto, News,