Pendidikan   2024/04/27 8:0 WIB

Pendaftaran Peserta Didik Baru SMPN di Pekanbaru Dimulai 15 Juli 2024, Kata Kadisdik Dr Abdul Jamal

Pendaftaran Peserta Didik Baru SMPN di Pekanbaru Dimulai 15 Juli 2024, Kata Kadisdik Dr Abdul Jamal

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pendaftaran Peserta Didik Baru [PPDB] Sekolah Menengah Pertama Negeri [SMPN] di Pekanbaru dimulai 15 Juli 2024.

"Untuk tahun ini PPDB sudah bisa digelar di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan [Kadisdik] Dr Abdul Jamal, Jumat (26/4).

PPDB tahun ini, sebutnya, ada dua SMPN baru yang sudah bisa mengikuti PPDB Online.

"Dua SMPN baru, gedung sekolahnya sudah rampung bisa secara langsung mengikuti PPDB Online," sebutnya lagi.

Kedua sekolah tersebut telah mempersiapkan diri untuk menjadi lokasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2024/2025.

SMPN 50 Pekanbaru yang terletak di Jalan Komplek Damai Langgeng, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani dan SMPN 51 Pekanbaru yang berada di Jalan Pesisir, Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai.

Kadisdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menjelaskan, proses PPDB tahun ini bisa dilakukan secara langsung di kedua sekolah tersebut, mengingat kedua gedung sekolah telah rampung.

Sekolah-sekolah tersebut sebelumnya telah membuka penerimaan peserta didik sejak tahun 2023, namun siswa-siswanya masih menumpang belajar di sekolah-sekolah terdekat karena proses pembangunan gedung masih berlangsung.

"Juli nanti PPDB sudah digelar di sekolah yang baru itu, kita juga persiapkan untuk melengkapi aktivitas saat PPDB nanti," tuturnya.

Abdul Jamal menjelaskan, siswa SMPN 50 Pekanbaru sebelumnya belajar di SMPN 47 Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Rawa Bening, sementara siswa SMPN 51 Pekanbaru belajar di SMPN 6 Pekanbaru yang terletak di Jalan Camp Rumbai.

Dengan masuknya meubeler ke dalam gedung sekolah, kedua SMPN tersebut kini siap menyambut siswa-siswa baru pada tahun ajaran baru nanti.

"Kalau tahun ini sudah bisa di gedung sekolah baru itu, karena meubeler sudah masuk ke sekolah itu," katanya.

Sebelumnya, Abdul Jamal sudah memberitahukan PPDB SMPN Pekanbaru 2024 dimulai 15 Juli.

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP negeri Kota Pekanbaru bergeser ke bulan Juli 2024, setelah awalnya dijadwalkan pada bulan Juni.

Abdul Jamal mengatakan, proses PPDB diharapkan dapat selesai sebelum dimulainya tahun ajaran baru 2024/2025, yang diperkirakan akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2024 mendatang.

"Jadi untuk PPDB kita jadwalkan pada awal juli nanti," ujarnya.

Penyesuaian jadwal PPDB dengan tahun ajaran baru menjadi alasan utama pergeseran ini. Proses PPDB direncanakan dimulai pada awal Juli, sedangkan tahun ajaran baru akan dimulai pada pertengahan Juli.

"Masih ada waktu dua minggu untuk proses PPDB di sekolah, kan tahun ajaran baru dimulai di pertengahan," tambahnya.

Sementara itu, pihak Disdik Kota Pekanbaru belum memastikan jumlah daya tampung dari sekolah yang ada di wilayah tersebut.

Abdul Jamal mengungkapkan, pihaknya telah meminta sekolah untuk segera menyampaikan informasi mengenai daya tampung SD dan SMP negeri.

"Kita mengingatkan agar seluruh sekolah bisa menyerahkan jumlah daya tampung, sehingga bisa kita umumkan daya tampung tiap sekolah," ungkapnya.

Proses PPDB tahun ini diperkirakan tidak akan banyak mengalami perubahan dibandingkan tahun sebelumnya.

Terdapat empat jalur pendaftaran dalam PPDB bagi calon peserta didik, yakni jalur zonasi untuk peserta didik yang berdekatan dengan sekolah, jalur afirmasi untuk calon peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi, jalur prestasi bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik, serta jalur pindah orangtua dari daerah lain ke Kota Pekanbaru. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : pendaftaran peserta didik baru, ppdb SMPN, pekanbaru, ppdb smpn 15 juli 2024,