Pendidikan   2024/06/07 7:56 WIB

Pendaftaran SMPN Mulai Dibuka, Calon Siswa Siapkan Berbagai Berkas yang Diperlukan

Pendaftaran SMPN Mulai Dibuka, Calon Siswa Siapkan Berbagai Berkas yang Diperlukan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Pekanbaru akan berlangsung dari 26 Juni-30 Juni 2024.

"Pendaftaran SMPN mulai dibuka 26 Juni 2024."

"Para calon peserta didik dan orangtua diharapkan segera mempersiapkan berbagai berkas yang diperlukan," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Dr Abdul Jamal, Kamis (6/6).

Menurutnya, salah satu dokumen utama yang harus disiapkan adalah Kartu Keluarga (KK), karena menjadi syarat penting, terutama bagi calon peserta didik yang memilih jalur zonasi.

"Kalau seandainya berubah data seperti penambahan anggota keluarga, pengurangan anggota keluarga, serta KK hilang atau rusak, maka KK tersebut masih dapat digunakan sebagai dasar seleksi jalur zonasi," sebutnya.

KK yang digunakan harus asli dan diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum PPDB berlangsung.

Namun, ada pengecualian jika terjadi perubahan data pada KK yang tidak mengakibatkan perpindahan domisili.

Abdul Jamal menambahkan, KK dengan perubahan data kurang dari satu tahun tetap bisa digunakan selama tidak menyebabkan perpindahan domisili.

"Perubahan karena perpindahan harus disertai dengan kepindahan domisili seluruh keluarga yang ada pada KK tersebut, dan perpindahan ini harus masih dalam wilayah kota pekanbaru," lanjutnya.

Selain itu, Abdul Jamal mengingatkan, nama orangtua atau wali calon peserta didik harus sesuai dengan yang tertera pada KK, rapor, atau ijazah jenjang sebelumnya.

"Begitu juga dengan akta kelahiran atau KK sebelumnya," tambahnya.

Dalam kasus di mana orangtua atau wali calon peserta didik meninggal dunia atau bercerai sebelum tanggal penerbitan KK terakhir, kondisi tersebut harus dibuktikan dengan surat kematian atau surat perceraian yang diterbitkan instansi berwenang.

"Nantinya untuk verifikasi dan validasi data, kita akan berkoordinasi dengan Disdukcapil kota pekanbaru," tutup Abdul Jamal.

Dengan persiapan yang matang dan pemenuhan syarat yang ditentukan, proses PPDB diharapkan dapat berjalan lancar dan transparan, memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh calon peserta didik. (rp.sul/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : pendaftaran calon siswa smp, penerimaan siswa smp, pendaftaran siswa smp secara online, pekanbaru, pendaftaran smpn dibuka secara online, pendidikan,