Headline Nasional   2022/01/07 17:26 WIB

Pengusaha Indonesia Kerjasama dengan China Bangun Pulau Bintan

Pengusaha Indonesia Kerjasama dengan China Bangun Pulau Bintan

JAKARTA - Pengusaha Indonesia dan China kerjasama dengan China bangun Pulau Bintan. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) senilai 1,76 miliar dolar AS atau sekitar Rp25,3 triliun sudah diteken untuk tiga sektor di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun mengatakan China selama ini telah menjadi mitra utama investasi dan perdagangan bagi Indonesia.

"Di masa pandemi Covid-19, hubungan ekonomi kedua negara semakin kuat dengan beberapa sektor kerja sama yang potensial untuk terus dikembangkan, seperti energi dan infrastruktur," kata Djauhari Oratmangun seperti dilansir dari iNews.id, Jumat (7/1/2022).

Di sela forum China Economic Summit yang digelar oleh Asia Brand Group, China Association for Asian Economic Development (CAEDA) dan Taihe Group Limited di Shanghai, telah disepakati tiga MoU kerja sama antara Indonesia dan China.

“Dalam forum tersebut telah disepakati tiga MoU kerja sama senilai 1,76 miliar dolar AS untuk sektor keuangan, energi baru, dan logistik sebagai komitmen para pebisnis Indonesia dan Tiongkok untuk bersama-sama membangun Pulau Bintan,” kata dia, dikutip dari laman KBRI Beijing.

Di akhir forum, Taihe Group menandatangani 3 MoU kerja sama investasi dengan mitra pengusaha dari China di bidang:

  1. Offshore Financial Center Project, dengan Asia Brand Group Holdings Co. Ltd senilai 680 juta dolar AS
  2. New Energy Project, dengan Easypass Technology Co. Ltd senilai 500 juta dolar AS
  3. Logistics Port Project, dengan Shanghai Maolin International Trade Co. Ltd senilai 580 juta dolar AS.

Djauhari menuturkan, kerja sama ini merupakan bagian dari pelaksanaan diplomasi ekonomi bersama untuk ikut berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Kolaborasi bersama Indonesia Incorporated antara Perwakilan RI di Tiongkok dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk Inacham maupun BUMN Indonesia di Tiongkok merupakan salah satu upaya yang gencar dilaksanakan oleh KBRI Beijing maupun seluruh KJRI di Tiongkok,” tuturnya. (*)

Tags : Indonesia Kerjasama dengan China, Pengusaha Bangun Pulau Bintan,