Kesehatan   2024/08/22 9:43 WIB

Penurunan Angka Stunting di Pekanbaru Terus Berjalan, 'Pencegahannya Lanjut Masuk Tahap II'

Penurunan Angka Stunting di Pekanbaru Terus Berjalan, 'Pencegahannya Lanjut Masuk Tahap II'
Ilustrasi Stunting

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Upaya penurunan angka stunting di Kota Pekanbaru terus berjalan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Penurunan angka stunting di Pekanbaru terus berjalan."

"Tahap pertama sudah selesai, dan saat ini kami sedang melanjutkan ke tahap kedua. Sebanyak 165 anak stunting telah menerima bantuan, dan ini berkat dukungan dari berbagai pihak," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk-KB) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Rabu (21/8).

"Kali ini sudah memasuki tahap kedua."

Ia mengungkapkan bahwa saat ini program pencegahan stunting telah memasuki tahap kedua.

Dari total 221 anak yang terdata mengalami stunting sejak Mei lalu, sebanyak 165 anak telah menerima bantuan.

Muhammad Amin menjelaskan bahwa pada tahap pertama, bantuan telah disalurkan dengan baik kepada anak-anak yang membutuhkan.

Lebih lanjut dikatakan Amin, bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu hingga Rp750 ribu per anak, serta makanan bergizi seperti susu, telur, beras, dan vitamin.

Bantuan tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak stunting selama satu bulan penuh.

"Bantuan diberikan sesuai usia anak dan akan dilanjutkan setelah 30 hari dari pemberian pertama," jelasnya.

Dalam program ini, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahaan swasta, dan Baznas turut serta dalam memberikan dukungan.

"Alhamdulillah, hampir semua OPD, perusahaan, dan Baznas ikut membantu. Ini sangat berarti untuk anak-anak stunting yang membutuhkan bantuan," tambahnya.

Lebih lanjut, Muhammad Amin menjelaskan terkait Bapak Asuh Anak Stunting yang telah diterapkan. Program ini memastikan bahwa satu anak stunting akan mendapatkan perhatian dan bantuan secara berkelanjutan selama enam bulan.

"Terkait Bapak Asuh, satu anak stunting akan dijaga dan dibantu selama enam bulan penuh," ungkapnya.

Dengan sinergi dari berbagai pihak, Disdalduk-KB Kota Pekanbaru optimis program ini dapat terus berjalan dengan lancar dan berkontribusi signifikan dalam menurunkan angka stunting di Kota Pekanbaru.

"Kami berharap program ini bisa terus berjalan dengan dukungan semua pihak, sehingga anak-anak di Pekanbaru bisa tumbuh sehat dan kuat," tutupnya. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : stunting, angka stunting, pekanbaru, penurunan angka stunting, Pencegahan stunting tahap II,