Headline News   2020/07/19 02:05:00 PM WIB

Penyaluran BLT Riau Rp198 Miliar Tertunda

Penyaluran BLT Riau Rp198 Miliar Tertunda

PEKANBARU – Bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 di Pekanbaru melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 300 Ribu per Kepala Keluarga (KK), masih belum dilaksanakan akibat belum tuntasnya validasi data oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

“Pemprov Riau sudah menyiapkan dana sebesar Rp198 miliar dan dana tersebut siap dicairkan apabila data valid penerima BLT sudah tuntas,” kata Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Riau, Syahrial Abdi pada wartawan belum lama ini.

Syahrial mengaku bantuan dari Pemprov Riau ini sebagai kompensasi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru. Menurut informasi ada sebanyak 45.625 KK di Pekanbaru yang akan dibantu, namun sampai saat ini pihaknya belum menerima data tersebut, dan dari informasi Dinas Sosial Riau, baru diserahkan 2.120 KK dan masih banyak yang belum. “Yang jelas jika proses penyerahan data valid penerima BLT telah selesai, maka dana Rp 198 milliar tersebut langsung dicairkan sesuai skema Bantuan Keuangan (Bankeu) Khusus,” ujarnya.

Syahrial menyampaikan, rencananya data valid penerima BLT akan diserahkan Pemko Pekanbaru pada pekan depan. “Dari rapat bersama Pemko, mereka berjanji akan memenuhinya pada minggu depan. Tidak lebih dari hari Rabu depan, datanya sudah diserahkan kepada kita,” ungkapnya. (*)

Tags : Bantuan Langsung Tunai, blt riau, Index, warga terdampak covid-19,