Pilkada   2024/02/12 19:32 WIB

Peran Media Penting dalam Mengawal Proses Demokrasi, Kata Bawaslu Alnofrizal

Peran Media Penting dalam Mengawal Proses Demokrasi, Kata Bawaslu Alnofrizal

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Pengawas Pemilu [Bawaslu] Riau menggelar kegiatan media gathering bersama awak media yang konsen memantau dan mengawasi tahapan Pemilu 2024.

"Peran media penting dalam mengawal proses demokrasi."

"Dalam peran media dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu hingga hari jelang pemungutan suara cukup penting," kata Kepala Bawaslu Riau Alnofrizal, dalam kegiatan media gathering yang berlangsung di Riau di Labersa Hotel Siak Hulu, Kampar, Riau, Senin (12/2).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Kadiv Pencegahan Humas dan Permas Amirudin Sijaya, Kabag Hukum, Humas dan Datin Dona Danora, Ketua PWI Riau yang diwakili M Amin, para nara sumber dan rekan media online dan elektronik yang hadir.

Alnofrizal mengatakan kegiatan media gathering bertemakan 'Sinergi Media Bersama Bawaslu dalam mengawal Pemilu Damai dan Berintegritas', dilakukan guna menyatukan persepsi yang sama dalam mengawasi pelaksanaan pemilu 2024 di Provinsi Riau.

"Bawaslu dan media harus bergandeng tangan dan bersinergi untuk melakukan pengawasan pemilu tahun ini. Karena peran media dalam mengawasi pelaksanaan pemilu di riau, memiliki peran yang cukup besar," ujar Alnofrizal.

"Jika hal ini, tidak dilakukan, maka proses demokrasi di riau, tidak berbanding lurus dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat selama ini," sambungnya.

Selain itu lanjut Alnofrizal, proses pengawasan pemilu tahun ini, dinilai cukup mengesankan bagi publik, apalagi proses demokrasi tersebut, berjalan dengan tingginya euforia masyarakat terhadap dukungan kepada peserta pemilu di Riau.

"Dengan adanya pengawasan yang kita lakukan ini, setidaknya pelaksanaan proses pemilu tahun ini, bisa kita lakukan monitoring, pengawasan hingga penindakan kepada para pelanggar aturan," ujar Alnofrizal.

Terkahir, dengan adanya kerjasama media dengan Bawaslu Riau, setidaknya bisa menjadi refrensi bagi Bawaslu untuk melakukan penindakan dan pengawasan lebih baik dalam pemilu tahun ini.

"Lantaran itu melalui kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada rekan media, yang sudah menginformasikan kepada kita dan masyarakat, atas pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu tahun ini dengan penuh semangat dan kebersamaan," pungkas Alnofizal.

Pantauan, kegiatan Media Gathering bersama awak media yang berlangsung di Hotel Labersa itu, berjalan dengan baik dan lancar yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga selesai pukul 17.00 WIB sore. (rilis)

Tags : pemilu 2024, media gathering, bawaslu gelar media gathering, peran media mengawal proses demokrasi, pilkada,