Riau   2024/10/19 16:23 WIB

Pergelaran Kenduri Riau Resmi Dibuka Kemenparekraf yang Jadi Ajang Perkuat Identitas Melayu

Pergelaran Kenduri Riau Resmi Dibuka Kemenparekraf yang Jadi Ajang Perkuat Identitas Melayu

PEKANBARU - Pergelaran Kenduri Riau resmi dibuka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf Masruroh.

"Pergelaran Kenduri Riau resmi dibuka Kemenparekraf RI."

"Event ini akan digelar hingga 20 Oktober. Yang diharapkan dapat memanjakan masyarakat Riau khususnya di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, Jumat (18/10).

Event tahunan kali ini mengusung tema "Dunia Kecil Penuh Warna" yang diharapkan mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Riau.

Roni Rakhmat mengatakan, Kenduri Riau siap memanjakan para pengunjung dengan berbagai penampilan musik, kegiatan budaya, hingga beragam bazar dari pelaku ekonomi kreatif.

Roni Rakhmat menyebutkan festival ini dirancang sebagai ajang untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya Riau kepada masyarakat luas.

Tak hanya itu saja, pengunjung dapat menikmati berbagai pameran seperti fotografi, kerajinan tangan, dan kuliner khas Riau di sepanjang perhelatan festival.

"Kami akan menghadirkan Padi Reborn sebagai bintang utama dalam acara ini pada malam penutupan. Selain itu, kami juga memberikan panggung bagi musisi-musisi lokal yang berbakat. Kenduri Riau 2024 bukan hanya tentang musik, tetapi juga terkait seni budaya dan kreativitas Riau," ujarnya.

Ia berharap, Kenduri Riau 2024 dapat memberikan dampak positif bagi berbagai sektor, terutama pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, maka akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Selain itu, acara ini untuk memperkenalkan potensi wisata Riau kepada masyarakat luas.

"Kenduri Riau 2024 dapat menjadi ajang promosi pariwisata Riau dan semakin memperkuat identitas budaya Melayu. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat," harapnya.

Untuk diketahui, Kenduri Riau dihelat mulai 18 - 20 Oktober 2024. Event ini menampilkan keindahan budaya Riau dalam berbagai bentuk seni dan kreasi. Kemerlap lampu dari atas panggung menambah kemewahan serta estetika pagelaran Kenduri Riau.

Berbagai rangkaian kegiatan sudah berlangsung sejak dari pagi hari. Dimulai lomba mural, beragam tarian tradisional, pertunjukan teater kolosal, penampilan para penyanyi lokal, hingga fashion show semua tersaji di Komplek Purna MTQ. (*)

Tags : Kenduri Riau 2024, Pergelaran Kenduri Riau, Kemenparekraf Resmikan Kenduri Riau, Kenduri Riau Perkuat Identitas Melayu,