Tni - Polri   2022/05/04 17:40 WIB

Perhatian Jenderal Dudung Jelang Idul Fitri, 'Prajurit Perbatasan dan Babinsa Terpelosok Dapat Bagian'

Perhatian Jenderal Dudung Jelang Idul Fitri, 'Prajurit Perbatasan dan Babinsa Terpelosok Dapat Bagian'
KASAD Jenderal Dudung Abdurachman.

JAKARTA - Inilah perhatian KSAD Jenderal Dudung Abdurachman kepada para anak buahnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Mulai dari prajurit TNI penjaga perbatasan NKRI hingga Babinsa yang bertugas di daerah terpelosok pun dapat bagian.

Melansir dari rilis Dispenad, Jenderal Dudung Abdurachman merealisasikan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para prajurit dan PNS di lingkungan Angkatan Darat dengan mendistribusikan Susu Serdadu dalam bingkisan lebaran yang dibagikan kepada para prajurit, PNS, para teknisi hingga petugas kebersihan di Markas Besar Angkatan Darat, seperti dirilis tribunnews.com, Selasa (26/4/2022).

Acara simbolis yang dilakukan di Markas Besar Angkatan Darat ini bersamaan dengan pendistribusian bingkisan lebaran kepada seluruh prajurit TNI AD.

Termasuk yang sedang melaksanakan tugas operasi pengamanan wilayah perbatasan maupun operasi pengamanan di wilayah Indonesia lainnya.

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman dalam sambutannya menyampaikan, pemberian bingkisan lebaran ini sebagai bentuk perhatian Pimpinan Angkatan Darat untuk membantu prajurit dan keluarganya dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Dari bingkisan yang diterima para prajurit maupun PNS terdapat 12 jenis bahan makanan mulai dari beras, mie instan, minyak goreng, teh, kopi, gula dan sebagainya.

“Semoga dengan bingkisan lebaran ini, harapannya dapat membantu para prajurit dan keluarganya dalam merayakan lebaran, termasuk kepada prajurit yang sedang melaksanakan tugas operasi, “ tutur Kasad.

Tak cuma prajurit perbatasan, babinsa di daerah terpencil pun juga dapat bingkisan dari Jenderal Dudung.

Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja menyerahkan bingkisan lebaran kepada seluruh anggota Kodim dan jajaran serta menyalurkan bingkisan lebaran dari Kasad kepada Babinsa terpencil.

Dalam keterangan tertulis Kodim 1628/SB, pada Senin (25/4/2022), Dandim menyampaikan penyerahan bingkisan lebaran ini merupakan bentuk perhatian dari Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada Babinsa anggota Koramil yang bertugas di wilayah terpencil.

Ucapan terima kasih dan ungkapan keceriaan pun terlihat dari wajah Para Babinsa Perwakilan dari setiap Koramil Jajaran Kodim 1628/SB saat menerima bingkisan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H tahun 2022.

“Kami selain menyalurkan bingkisan dari Bapak Kasad kepada para babinsa terpencil di setiap Koramil juga memberikan sedikit bingkisan kepada seluruh anggota Kodim dan jajaran,” ujar Dandim.

Selaku komandan Kodim, dirinya menyampaikan terima kasih dan rasa hormat serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan TNI AD yang telah memberikan bingkisan lebaran ini adalah bentuk perhatian tali asih Pimpinan kepada para Babinsa sebagai ujung tombak satuan kewilayahan.

"Semoga bingkisan ini dapat berguna dan bermanfaat, dengan harapan dapat memberikan semangat yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas, serta bernilai ibadah" harap Dandim.

Hadir pada kesempatan tersebut Kasdim 1628/SB Mayor Inf Dahlan, Perwira Staf Kodim, Danramil Jajaran Serta Anggota Perwakilan Penerima Bingkisan secara simbolis.

Nostalgia KASAD Kunjungi Eks Anak Buah

Sebelumnya, momen nostalgia KASAD Jenderal Dudung Abdurachman saat mengunjungi Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama (SBW) jadi sorotan.

Di hadapan para mantan anak buahnya, Jenderal Dudung menyatakan bahwa dirinya dulu sampai sekarang tidaklah berubah.

Ia masih terus menjalin komunikasi dengan para mantan anak buahnya.

Diketahui, Melanjutkan kunjungan kerjanya dibeberapa Kotama Angkatan Darat, Kepala Staf Angakatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Kodam IX/Udayana dan menemui para mantan anak buahnya di Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama, Rabu (13/4/2022).

Didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ny. Rahma Dudung Abdurachman, Kasad beserta rombongan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali disambut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto yang menyematkan Udeng serta tradisi Tepung Tawar oleh lima pemuka agama setempat.

Usai penyambutan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kasad beserta rombongan menuju Kompi Senapan A Batalyon Infanteri Raider 900/SBW.

Dalam kunjungannya ke Yonif Raider 900/SBW, Kasad berkeliling Markas Kompi yang pernah dipimpinnya serta menemui para mantan anak buahnya ketika dirinya menjabat Komandan Kompi di Batalyon 741/Wirottama
Yonif Raider 900/SBW sebelumnya merupakan Batalyon 741/SBW, karena pembentukan satuan elit Raider di Jajaran Angkatan Darat, Yonif 741/SBW berganti nama menjadi Yonif Raider 900/SBW.

Pada kesempatan tersebut Kasad meninjau rumah dinas saat menjabat sebagai Komandan Kompi di Batalyon tersebut.

Usai berkeliling Markas Kompi A dengan didampaingi Pangdam IX/Udayana dan Komandan Yonif Raider 900/SBW, Kasad menemui para mantan anak buah yang pernah dipimpinnya dilanjutkan memberikan pengarahan kepada prajurit dan anggota Persit KCK Yonif Raider 900/SBW.

Dalam pengarahannya, Kasad menyampaikan, bahwa merupakan suatu kebanggan bagi dirinya dapat kembali mengunjungi Kompi yang pernah dipimpinnya dan bernostalgia dengan para mantan anak buahnya.

Dalam suasana penuh kehangatan dan kekeluargaan, Kasad mengungkapkan bahwa ketika dirinya menjadi Komandan Kompi dengan saat ini menjadi Kepala Staf Angkatan Darat, dirinya tidak berubah.

"Dudung yang sekarang dengan Dudung yang dulu tidak berubah, mantan anggota saya yang SMS saya, pasti saya balas," tuturnya.

Kasad menegaskan, bahwa tugas-tugas di Kompi A Yonif Raider 900/SBW, sangat kompleks, berbeda dengan yang berada di wilayah lain.

Selain itu juga Kasad berpesan agar para prajurit Kompi A Yonif Raider 900/SBW dapat meradaptasi dan menghindari budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia terutama di Bali.

Pada kesempatan tersebut, Kasad meresmikan dan menandatangani Prasasti Tugu Jam Kompi A Yonif Raider 900/SBW dan lapangan Tenis yang telah direnovasi serta menuliskan pesan-pesan untuk dijadikan pedoman pelaksanaan tugas bagi para prajurit.

Sebelumnya, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman sempat berjanji kepada para prajuritnya di Papua, tepatnya di Yonif Raider 755/Yalet.

Dalam momen tersebut Jenderal Dudung Abdurachman juga menegaskan supaya anak buahnya yakin bahwa janji tersebut akan ia tepati.

Melansir dari rilis Dispenad, Jenderal Dudung berjanji akan memperbaiki sarana dan prasarana di Yonif Raider 755/Yalet, yang sudah lama diimpikan seluruh prajuritnya.

Ini disampaikan Kasad saat mengunjungi Yonif Raider 755/Yalet sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit dan ibu Persit di Aula Mako Yonif Raider 755/Yalet, Distrik Semangga, Merauke, Jayapura, Selasa (12/4/2022).

Kedatangan Kasad didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman ke Batalyon Infanteri yang berada di bawah Komando Brigif 20/Ima Jayakeramo, Divisi Infanteri 3/Kostrad tersebut, merupakan rangkaian kunjungan kerjanya ke wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

Salah satu sarana dan prasarana yang akan segera diperbaiki yaitu jalan dan barak remaja yang sudah rusak dan tidak layak huni.

Sebagaimana dikeluhkan seorang prajurit Yonif 755/Yalet melalui pertanyaannya kepada Kasad.

“Mungkin dengan kehadiran Bapak Kasad di sini, semua permasalahan bisa terealisasi,” pinta salah satu prajurit berpangkat Pratu.

“Kalian harus percaya, yang datang ini Kasad, nanti akan segera diperbaiki,” jawab Kasad dengan tegas.

Dalam pengarahannya, selain akan memperbaiki sarana dan prasarana dalam Satuan, Jenderal Dudung selaku pimpinan TNI AD juga akan memberikan kesempatan kepada prajurit Yonif 755/Yalet untuk mengikuti Satgas luar negeri seperti ke Kongo, Lebanon, dan lain-lain.

Kepada Ibu-ibu persit yang turut hadir, Kasad bepesan untuk selalu mendukung suami dalam setiap pelaksanaan tugas.

Karena dukungan istri akan menjadi motivasi dan penyemangat prajurit. Termasuk untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

"Ibu-ibu harus setia ya, kalau ada masalah-masalah bicarakan berdua, jangan stres,” pesan Kasad.

Untuk menjaga kesehatan keluarga, Kasad juga menyampaikan bahwa seluruh prajurit akan mendapatkan susu serdadu setiap bulannya.

Diharapkan ke depan prajurit dan keluarganya akan semakin sehat dan kuat. (*)

Tags : Babinsa, prajurit TNI, Jenderal Dudung Abdurachman, perhatian Jenderal Dudung, Idul Fitri 1443 H,