News   2022/04/08 16:47 WIB

Pertamina Antisipasi Masalah Kelangkaan BBM, 'Stok Hanya Bisa Sampai Jelang Lebaran'

Pertamina Antisipasi Masalah Kelangkaan BBM, 'Stok Hanya Bisa Sampai Jelang Lebaran'

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) antisipasi masalah ketersediaan stok BBM menjelang libur lebaran, terutama Pertalite dan solar subsidi yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Pasokan BBM di beberapa SPBU sempat mengalami gangguan, yang memicu kelangkaan sehingga mengganggu mobilitas kendaraan selama mudik Lebaran.

Pjs Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina, Irto Ginting, menjelaskan, untuk mengantisipasi gangguan pasokan BBM tersebut, Pertamina telah mempersiapkan sejumlah strategi.

"Pertamina akan mengamankan stok BBM untuk kebutuhan Lebaran. Kami menyiapkan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) untuk memonitor penyaluran BBM ke masyarakat. Kami juga menyiapkan SPBU siaga untuk memastikan masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya dengan lancar," jelas Irto, dilansir dari Bisnis.com, Rabu (06/04/2022).

Sejak Jumat pekan lalu, Pertamina telah menyiagakan terminal BBM yang beroperasi selama 24 jam untuk mengisi BBM di SPBU yang kekurangan pasokan.

"Saat ini kami terus memenuhi kebutuhan SPBU dan memonitor seluruh rantai distiribusi sebagai antisipasi menyeimbangkan antara konsumsi dan distribusi ke SPBU, sehingga tidak terjadi kekurangan stok maupun keterlambatan," kata Irto.

Irto menambahkan, Pertamina akan bekerjasama dengan aparat penegak hukum agar penyaluran BBM subsidi menjelang Lebaran tepat sasaran.

"Koordinasi dengan BPH Migas, Pemda dan aparat penegak hukum juga akan kita lakukan untuk memastikan BBM subsidi tepat sasaran," pungkasnya.

Anggota komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman menyarankan upaya yang dapat dilakukan Pertamina untuk mencegah kelangkaan BBM dan menghindari penimbunan BBM.

"Operator harus diingatkan untuk tidak melayani pembelian di luar jatah harian maksimum. Operator harus lebih teliti dalam mencatat nomor polisi [kendaraan yang mengisi BBM], tidak menjual solar subsidi kepada konsumen yang tidak berhak, dan segera melapor jika terdapat indikasi penyalahgunaan," papar Saleh, Rabu (06/04/2022).

Lebih lanjut, ujar Saleh, pemantauan stok harus dilakukan setiap hari agar penyaluran BBM lancar sesuai kebutuhan.

"Stok [BBM] harus dimonitor setiap hari agar pasokan lancar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran," tandasnya. (*)

Tags : PT Pertamina, Antisipasi Kelangkaan BBM, Stok BBM Sampai Jelang Lebaran, News,