Riau   2023/03/13 12:28 WIB

Perwakilan LAM Riau di Jakarta Diresmikan, 'yang Dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah'

Perwakilan LAM Riau di Jakarta Diresmikan, 'yang Dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah'
Gubernur Syamsuar menghadiri pelantikan LAM Riau Perwakilan Jakarta (foto/int)

JAKARTA - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau perwakilan Jakarta resmi dilantik di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (12/03/2023).

"Perwakilan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di TMII Jakarta diresmikan."

"Mari kita rangkul semua potensi yang luar biasa ini. Banyak orang Riau yang hebat-hebat di Jakarta ini. Mari sama-sama kita bangun daerah kita Riau," pesan Datuk Seri Setia Amanah yang juga Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama para tokoh masyarakat Riau di Jakarta.

Pelantikan dilakukan langsung Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Datuk Seri Marjohan. Terlihat Ketua LAM Riau Perwakilan Jakarta Datuk H Munasir Ma'adab, dan Pembina Datuk Drs H Marzuki Husin memakai pakaian kebesaran LAMdikutip dari mediacenter.riau.go.id.

Gubri menyambut baik pelantikan LAM Riau Perwakilan Jakarta. Bagi Syamsuar, di Jakarta sebenarnya banyak orang Riau yang hebat-hebat. Baik dari kalangan pengusaha, akademisi, TNI-Polri, dan ASN.

Ia menilai eksistensi seperti LAM Riau di Jakarta diperlukan. Dalam satu primordial, banyak hal yang bisa disumbangkan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Syamsuar mengizinkan Anjungan Riau di TMII dijadikan pusat kegiatan LAM Riau Perwakilan Jakarta. Diharapkan bisa bersinergi dengan budaya lain untuk memajukan bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu, Gubri Syamsuar juga mengungkap kondisi masyarakat Riau, yang walau heterogen, tapi mampu hidup rukun dan damai. Bahkan masyarakat Riau hidup dalam suasana yang aman dan nyaman.

Karena suasana yang aman dan kondusif itu juga, banyak investor yang masuk ke Riau. 

"Kini angka investasi di Riau tertinggi di Sumatra. Bahkan kita selalu lima besar se-Indonesia mengalahkan Jawa Tengah," ucap Gubri.

Kondisi seperti ini tentu perlu dipertahankan karena investasi memberikan multiplier effect kepada masyarakat. Kini, pertumbuhan ekonomi Riau mencapai 4.55 persen atau tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

Sementara itu Ketua MKA LAM Riau Datuk Marjohan mengapresiasi kepemimpinan Syamsuar-Edy yang mampu menjaga kondisi aman dan kondusif Provinsi Riau.

Saat pelantikan, juga nampak Ketua DPH LAM Riau Taufik Ikram Jamil, Kadis Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen, Kadis Kominfotik Erisman Yahya, dan Direktur Zakat dan Waqaf Kemenag RI Tarmizi Tohor. Serta Kekerabatan Raja Indragiri Brigjen (Purn) Raja Haryono, Ketua IKA Unri Wan Muhammad, dan sejumlah tokoh lainnya. (*)

Tags : lembaga adat melayu, lam riau, perwakilan lam riau diresmikan, peresmian lam riau di tmii jakarta,