News Kota   2023/03/22 14:24 WIB

Pj Walikota Muflihun akan Hadir Ditengah Masyarakat, 'dalam Tradisi Petang Balimau Menyambut Ramadhan'

Pj Walikota Muflihun akan Hadir Ditengah Masyarakat, 'dalam Tradisi Petang Balimau Menyambut Ramadhan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun akan hadiri tradisi masyarakat jelang memasuki ibadah puasa petang balimau yang akan dijadwalkan besok sore Rabu 22 Maret 2023 di Tepian Sungai Siak, Rumah Tuan Kadi.

"Pj Walikota Pekanbaru, Mulfihun ikut dalam tradisi masyarakat jelang memasuki ibadah puasa."

"Kita sudah melakukan rapat persiapan, kita prediksi ada ribuan orang bakal memadati lokasi acara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru melalui Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra, Selasa (21/3/2023).

Jadwalkan kegiatan petang balimau akan dilakukan, Rabu 22 Maret 2023 sore besok di Tepian Sungai Siak, Rumah Tuan Kadi.

Ardiansyah Eka Putra mengatakan, dalam pelaksanaannya, panitia penyelenggara sudah berkoordinasi dengan intansi terkait seperti Pol Air Polda Riau dan Basarnas Pekanbaru.

Mereka mengantisipasi tumpah ruahnya masyarakat yang bakal berenang di Sungai Siak saat Petang Balimau.

Menurutnya, tradisi ini kembali digelar setelah beberapa tahun tidak berlangsung akibat pandemi. Petang Balimau di Pekanbaru berlangsung terakhir kali pada tahun 2018.

Rangkaian tradisi ini tidak digelar sejak tahun 2019 hingga tahun 2022. Kemudian kembali digelar untuk melestarikan tradisi menyambut bulan puasa di Bumi Lancang Kuning.

Selain itu, ajang Petang Balimau juga menjadi wadah silaturahmi Pemko Pekanbaru dengan masyarakat. Ia menyatakan masyarakat bisa datang meramaikan tradisi tersebut.

"Walau nanti bakal ramai, tentu kita imbau agar semua menjaga keselamatannya. Meski sudah ada petugas yang disiagakan dalam petang balimau," ungkapnya.

Ia mengklaim, persiapan Petang Belimau sudah hampir matang. Rangkaian tradisi ini dimulai dengan pawai dari Kediaman Dinas Walikota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani, lalu melakukan ziarah di pemakaman Marhum Pekan.

Area pemakaman di sekitar Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan terdapat makam dari pendiri Kota Pekanbaru yakni Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Selepas salat ashar langsung digelar Petang Balimau.

"Pawai pun berlanjut ke rumah singgah tuan kadi dari masjid raya pekanbaru di senapelan," katanya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : petang balimau, tradisi jelang ramadhan, pekanbaru, ibadah puasa, pj wako pekanbaru muflihun hadiri petang balimau, news kota  ,