Riau   2024/02/23 23:13 WIB

Pilgub Riau Dijadwalkan 27 Nevomber yang Gelontorkan Rp500 M, 'Sudah Diikuti 7 Kandidat Bersaing Ketat'

Pilgub Riau Dijadwalkan 27 Nevomber yang Gelontorkan Rp500 M, 'Sudah Diikuti 7 Kandidat Bersaing Ketat'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Calon Gubernur Riau untuk masa jabatan 2024-2029 akan segera diambil melalui Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang dijadwalkan pada 27 November 2024.

Pilgub Riau dijadwalkan 27 Nevomber 2024.

Tetapi belum semua calon secara terbuka menyatakan niatnya, beberapa nama potensial telah mencuat, menjanjikan kontes politik yang menarik.

Salah satu kandidat yang mendapat perhatian adalah Syamsuar, mantan Gubernur Riau periode 2019-2023.

Pria kelahiran Rohil ini, yang juga merupakan Ketua DPD I Golkar Riau, berhasil meraih perhatian dalam Pileg 2024 sebagai Caleg DPR RI untuk Dapil Riau I, menempati peringkat tiga dalam perolehan suara terbanyak.

Namun, persaingan tidak hanya datang dari internal partai.

Edy Afrizal Natar Nasution, mantan Brigadir Jenderal TNI dan saat ini Gubernur Riau, memiliki pengalaman yang kuat sebagai Wakil Gubernur sebelumnya.

Dengan keterlibatannya dalam partai Nasdem dan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pakar, Edy Natar Nasution mempertimbangkan untuk memasuki pertarungan dalam Pilgub Riau 2024.

Sementara itu, Arsyadjuliandi Rachman, anggota DPR RI dari Dapil Riau I, juga menjadi salah satu kandidat potensial.

Sebagai Gubernur Riau sejak 2016 hingga 2018, Andi Rachman memiliki basis dukungan yang kuat, meskipun kalah dalam Pilgub 2018.

Kini, dia kembali bersaing dalam Pilgub 2024 dengan peluang besar untuk memimpin provinsi tersebut.

Kehadiran tokoh Demokrat, DR H Achmad, menambah warna dalam pertarungan politik.

Dengan pengalaman sebagai anggota Komisi VIII DPR-RI dan perolehan suara terbanyak kedua di Dapil Riau I, Achmad memiliki potensi besar untuk menjadi Calon Gubernur Riau.

Abdul Wahid, politikus PKB dari Indragiri Hilir, dan Yulisman, politikus Golkar dengan latar belakang sebagai pengusaha sukses, juga memperkaya pilihan pemilih.

Keduanya memiliki catatan suara terbanyak di dapil mereka masing-masing, menjadikan mereka calon yang patut diperhitungkan.

Terakhir, Yopi Arianto, politikus Nasdem yang mencatatkan namanya di rekor MURI sebagai Bupati termuda di Indonesia, menjadi penyegar dalam pertarungan ini.

Pengalaman sebagai Bupati Inhu dua periode membuatnya dianggap sebagai calon yang dapat diterima oleh pemilih muda.

Dengan kehadiran sejumlah kandidat potensial yang memiliki pengalaman dan basis dukungan yang solid, Pilgub Riau 2024 diharapkan menjadi ajang demokrasi yang sengit dan berdampak positif bagi pembangunan Riau ke depan.

Sebelumnya, Sekdaprov Riau Sf Hariyanto menyebutkan Pemprov Riau bakal menggelontorkan dana setengah triliun rupiah untuk pelaksanaan Pilgubri dalam agenda Pilkada Serentak 2024 rangkaian Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024 mendatang.

"Untuk Pilgubri kita siapkan anggaran lebih kurang Rp500 miliar," ucap Sekdaprov Riau, SF Haryanto, Senin (12/6).

SF Hariyanto meminta kepada semua pihak kiranya dapat memastikan pelaksanaan pemilu khususnya Pilgubri 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Persiapan Pemilu perlu menjadi perhatian kita bersama karena waktu tinggal sedikit lagi. Sedangkan tahapan sudah jelas," sebutnya.

Sekda juga meminta kepada Kesbangpol Riau untuk menindaklanjuti terkait kendala-kendala yang saat ini dihadapi pemerintah kabupaten/kota di Riau.

Menurut Sekda, Sejumlah daerah di Riau telah melaporkan soal kekurangan anggaran dalam dihadapi persiapan pelaksanaan Pemilu Pilgub 2024.

Sedangkan waktu terus berjalan dan tahapan-tahapan Pemilu tetap harus dilakukan sesuai dengan ketentuan berlaku.

Dia menambahkan, setiap kendala yang dihadapi harus segera dijadikan perhatian, terutama, bagaimana Kesbangpol memastikan setiap tahapan sebagaimana mestinya.

"Terutama terhadap tahapan kegiatan, sarana dan prasarananya," katanya.

Sekda menyebut, kondisi seperti ini masih bisa dimaklumi, karena memang kemampuan anggaran di setiap daerah berbeda-beda.

"Kami juga menyadari bahwa tak semua daerah mampu mengeluarkan anggaran untuk Pemilu. Makanya Kesbangpol harus segera memetakan dan menindaklanjuti segala hal yang diperlukan," pungkasnya. (*)

(*)

Tags : pemilihan gubernur 2024, pesta demokrasi, pilgub riau 27 november 2024, 7 kandidat bersaing ketat di pilgub riau,