Riau   2024/09/13 22:25 WIB

Pj Gubernur Rahman Hadi Tutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas-Kelembagaan Aparatur Desa 

Pj Gubernur Rahman Hadi Tutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas-Kelembagaan Aparatur Desa 
Pj Gubri Rahman Hadi secara resmi tutup pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa Provinsi Riau di New Hollywood Hotel.

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau Rahman Hadi secara resmi tutup pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa Provinsi Riau di New Hollywood Hotel, Kamis (12/9/2024).

Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa untuk Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Pekanbaru selama 4 hari.

Ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan pemerintahan desa. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas belanja desa.

Saat menyampaikan sambutan, Pj Gubernur Riau Rahman Hadi apresiasi kepada seluruh narasumber, pelatih, dan seluruh peserta serta para pihak lainnya yang telah terlibat secara langsung pada kegiatan tersebut sehingga terlaksana dengan sukses.

"Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik sekaligus mendukung sepenuhnya program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa yang diselenggarakan oleh Kemendagri ini," kata Pj Gubernur Riau.

"Kami berkomitmen akan terus mendukung program-program yang berhubungan dengan pembangunan desa dan kawasan perdesaan," imbuhnya.

Pembangunan 20 tahun ke depan diharapkan dapat mendorong Indonesia bertransformasi menuju peradaban masyarakat yang modern dan sejahtera. Maka dari itu dibutuhkan peran aktif seluruh elemen bangsa untuk bisa mewujudkan cita-cita anak bangsa "Indonesia Emas 2045".

"Semoga apa yang menjadi tujuan bersama untuk mewujudkan desa maju dan mandiri bisa terwujud sebab Indonesia akan menjadi negara tangguh, mandiri, dan inklusif di 2045," pungkasnya.

Bersamaan dengan itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kemendagri Paudah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan pelatihan lanjutan yang telah dilakukan di 2023 lalu. Khusus untuk Riau telah mencapai target yang telah ditentukan.

"Untuk provinsi Riau sampai angkatan empat ini lebih kurang seribu peserta. Sedangkan untuk angkatan keempat ini hanya seperempat dari tahun yang lalu," terangnya.

Secara nasional kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa melibatkan 33 provinsi dengan 31.902 desa dari 66.000 desa di Indonesia yang masuk dalam target P3PD.

"Kita punya desa secara nasional 75.265, tapi program ini mencover sebanyak 66.000 desa, termasuk di Provinsi Riau," imbuhnya.

Ia menjelaskan program tersebut merupakan atensi dari Menteri Dalam Negeri yang juga menjadi komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan sumber daya manusia di desa terutama membangun desa dan Sumber daya Manusia.

"Hari ini kita wujudkan dengan aktif aparatur desa di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Ia berharap seluruh peserta pelatihan agar nantinya dapat mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dari kegiatan tersebut dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan desa dengan mengefektifkan pelaksanaan anggaran. (rilis)

Tags : Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, Pj Gubernur Riau Rahman Hadi, Pelatihan Peningkatan Kapasitas-Kelembagaan Aparatur Desa,