Riau   2024/06/19 12:37 WIB

Pj Gubernur SF Hariyanto Hargai Jasa Syekh Ma'sum Tambusai Dalam Penyebaran Ajaran Islam di Riau

Pj Gubernur SF Hariyanto Hargai Jasa Syekh Ma'sum Tambusai Dalam Penyebaran Ajaran Islam di Riau
Pj Gubri SF Hariyanto menghadiri peringatan ke-63 Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai.

ROKAN HULU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengaku sangat menghormati dan memberikan penghargaan yang tinggi atas jasa-jasa Syekh Ma'sum Tambusai dalam menyebarkan ajaran Islam di Riau.

"Sosok penting Syekh Ma'sum Tambusai dalam penyebaran ajaran Islam di Riau."

"Syekh Ma'sum Tambusai merupakan salah satu pejuang dan ulama tarekat yang berjasa menyebarkan tarekat suluk di kabupaten Rokan Hulu khususnya dan Provinsi Riau umumnya. Kami tentunya sangat mengagumi perjuangan tak kenal lelah dari Beliau dalam menyebarkan Islam di Provinsi Riau," kata SF Hariyanto, saat  menghadiri peringatan ke-63 Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai, Selasa (18/6).

Menurutnya, sudah seharusnya umat muslim menyelenggarakan kegiatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai pada setiap tahunnya.

Syekh Ma'sum Tambusai adalah ulama besar yang telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan Islam di Riau. Peringatan haul ini adalah wujud penghormatan umat kepada beliau dan perjuangannya.

Pj Gubri juga mengajak masyarakat untuk meneladani nilai-nilai perjuangan dan keteladanan yang ditunjukkan oleh Syekh Ma'sum Tambusai. Karena semangat juang dan keteladanan Syekh Ma'sum Tambusai harus dapat di jadikan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

"Kemuliaan akhlak Syekh Ma'sum Tambusai dapat menjadi cermin bagi kita semua kaum muslimin untuk menjadi insan terpuji, santun, dan beretika, dalam membangun tatanan kehidupan yang harmonis sesuai perintah Allah SWT,"  ucapnya.

Peringatan ke-63 Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai, momentum untuk mempererat silaturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di kalangan masyarakat.

Kegiatan tesebut berlangsung di Surau Suluk Dusun Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango,  Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Dari pantauan Media Center Riau, kehadiran Pj Gubernur SF Hariyanto disambut antusias oleh seluruh warga sekitar.

Terlihat, orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut diarak menuju surau menggunakan kompang.

Tak hanya itu saja, seluruh warga berbondong-bondong ingin melakukan swafoto bersama dan bersalaman dengan Pj Gubri.

Pelaksanaan haul dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh sejumlah ulama setempat. Dalam suasana yang penuh hikmat, para jamaah mengikuti setiap agenda dengan khusyuk.

"Puncak peringatan haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai yang diselenggarakan saat ini sebuah kegiatan sangat bermakna bagi kita semua, khususnya kaum muslim yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Sudah sepatutnya peringatan haul kita peringati. Bahwasanya Syekh Ma'sum Tambusai  merupakan salah seorang ulama terkemuka pada zamannya," tandasnya, seperti yang dilansir dari mcr. (*)

Tags : Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj Gubri Hargai Jasa Syekh Ma'sum Tambusai, Sosok Syekh Ma'sum Tambusai Dalam Penyebaran Ajaran Islam di Riau,