Pekanbaru   2024/03/27 17:22 WIB

Pj Gubri Hadiri Sidang Paripurna Sampaikan LKPJ di DPRD Riau

Pj Gubri Hadiri Sidang Paripurna Sampaikan LKPJ di DPRD Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto menghadiri paripurna DPRD Riau, Senin (25/3/2024), untuk menyampaikan jawaban atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah 2023.

Dalam kesempatan itu, SF Hariyanto menegaskan pentingnya komitmen Pemprov Riau dalam menjalankan tugas secara transparan dan akuntabel.

Ia menyoroti perlunya kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam menangani berbagai persoalan yang dihadapi Provinsi Riau.

"Izinkan kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setingginya atas pandangan umum yang disampaikan Pansus DPRD riau terhadap LKPJ kepala daerah tahun 2023," ucap SF Hariyant.

"Hal ini menunjukkan komitmen dan kesungguhan kita bersama untuk menjadikan riau yang lebih baik di masa yang akan datang," sambungnya.

SF Hariyanto juga menyampaikan kesepakatannya dengan pandangan dari berbagai fraksi terkait kedisiplinan ASN.

Menurutnya, kedisiplinan tersebut akan meningkatkan kualitas Pemprov Riau dalam mewujudkan visi misi pembangunan di seluruh wilayah Riau.

"Kami sependapat, sumber daya aparatur merupakan motor penggerak birokrasi dalam rangka pencapaian visi dan misi pembangunan daerah. Untuk itu, kompetensi SDM perlu ditingkatkan," tegasnya.

Selain itu, SF Hariyanto juga menyoroti upaya peningkatan pendapatan daerah secara optimal melalui kebijakan keuangan daerah dan evaluasi terhadap kinerja OPD, serta pengelolaan objek Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara transparan.

"Pemprov Riau terus melakukan pengembangan digitalisasi, transaksi pajak daerah dan retribusi daerah, optimalisasi kerja BUMD, pengelolaan aset daerah, serta peningkatan tata kelola pajak dan retribusi darah yang didukung database berbasis digital update dan integrasi," paparnya.

Sementara itu, dalam upaya menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas utama, Pemprov Riau terus meningkatkan alokasi anggaran belanja dan mendukung pemasaran pariwisata melalui pelaksanaan event pariwisata sebagai promosi citra destinasi wisata.

"Perbaikan sarana dan prasarana pariwisata, pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, serta event pariwisata berbasis budaya melayu sebagai payung negeri," ungkapnya.

Rapat paripurna tersebut mencerminkan komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam menjawab tuntutan transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta menggarisbawahi pentingnya sinergi antara pemerintah dan DPRD dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan bagi Riau.(*)

Tags : Pj Gubri SF Hariyanto, Sidang Paripurna, LKPJ, DPRD Riau, News,