News   2024/03/01 11:31 WIB

Pj Gubri SF Hariyanto Jalankan Tugas Sesuai Amanah, 'yang Kinerjanya Dievaluasi Tiap 3 Bulan'

Pj Gubri SF Hariyanto Jalankan Tugas Sesuai Amanah, 'yang Kinerjanya Dievaluasi Tiap 3 Bulan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan Pejabat Pj Gubernur Riau (Gubri), Ir SF Hariyanto, untuk bekerja secara optimal dalam melayani masyarakat.

"Pj Gubri SF Hariyanto jalan tugas sesuai amanah."

"Pj maksimal satu tahun, tapi dievaluasi per tiga bulan dan tidak harus satu tahun," kata Tito Karnavian, Kamis (29/2/2024).

Meski masa jabatan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto direncanakan selama satu tahun, Tito menegaskan bahwa evaluasi berkala tetap dilakukan. Jika kinerjanya dinilai kurang memuaskan, tidak menutup kemungkinan akan ada pergantian dengan pejabat yang lain.

Tito Karnavian berharap agar SF Hariyanto mampu menjaga amanah yang telah diberikan, mulai dari presiden hingga masyarakat.

Dia menekankan pentingnya keseriusan dalam menjalankan tugas, karena hal itu akan berdampak positif bagi semua pihak.

Selain itu, Mendagri juga menekankan pentingnya memberikan contoh yang baik bagi staf dan mitra kerja lainnya, serta memperkuat hubungan dengan stakeholder dan masyarakat.

"Dengan telah diambil sumpah, Pj Gubernur Riau yang baru saja dilantik harus serius dalam bekerja. Berikan contoh kepada staf bahwa pemimpin yang kuat juga didukung oleh semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Usai dilantik menjadi Pj Gubri, SF Hariyanto mendapatkan berbagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan Presiden RI, Joko Widodo.

SF Hariyanto mengaku, ia mendapat beberapa catatan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M Tito Karnavian.

Catatan tersebut berisikan tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan selama menjabat sebagai Pj Gubernur Riau. 

Amanah yang diberikan Mendagri yakni, bekerja sama dalam menjalankan tugas (baik dalam pemerintahan maupun non pemerintahan), menyelesaikan dan melanjutkan tugas yang ditinggalkan oleh gubernur sebelumnya.

Lalu, menyiapkan program kerja dengan baik, menyelesaikan program kerja tahun 2024, mengatasi masalah tengkes, hingga menjaga angka inflasi Riau agar tetap stabil. 

"Alhamdulillah, tadi saya sudah dilantik oleh Mendagri. Ada beberapa catatan kepada saya dan juga kepada rekan-rekan OPD, yakni kita harus bisa bekerja sama," kata SF Hariyanto.

"Apalagi seorang pemimpin itu tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja sama. Selain itu, Mendagri juga mengingatkan bahwa pemimpin itu harus bisa memberikan contoh yang baik," jelasnya. 

Untuk menjalankan semua itu, SF Hariyanto mengaku tidak bisa bekerja sendiri, namun memerlukan kerja tim agar keinginan besar tersebut bisa terwujud. 

Menurutnya budaya kerja tim di Provinsi Riau sudah lumrah dikerjakan. Sehingga diharapkan tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan baik dan lancar. 

"Saya selaku yang dipercaya oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Mendagri, Tito Karnavian, bahwa saya akan melaksanakan tugas dan amanah itu. Tapi saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya bekerja dengan tim. Insyaallah tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah biasa melaksanakan itu," ujar SF Hariyanto. 

Sementara itu, Mendagri, M Tito Karnavian mengamanahkan agar SF Hariyanto bisa menjalankan tugas dengan baik. Selain itu,  juga menjaga dan memperkuat hubungan baik dengan presiden, stakeholder, maupun dengan staf.

Mendagri juga berharap SF Hariyanto dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya memiliki konsep dan program kerja yang jelas. 

"Pemimpin yang kuat tidak hanya sekadar memiliki kekuasaan, tapi juga harus memiliki follower yang baik, dan yang lebih utama adalah memiliki konsep kerja. Artinya dalam masa jabatan ini, apa yang haruss dikerjakan," pungkas Tito. 

Mantan Gubri Rusli Zainal dua periode menilai SF Hariyanto adalah sosok yang berpengalaman di pemerintahan, terkhususnya pada bidang pembangunan.

SF Hariyanto mendapat banyak mandat dari beberapa tokoh masyarakat di Riau. Tak terkecuali dari mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal.
 
"Beliau itu kan sudah menduduki berbagai jabatan, dimulai dari bawah bahkan mulai dari Kepala Bagian, Kepala Dinas dan pernah menjadi inspektur di Kementerian," kata Rusli Zainal, Kamis (29/2).

Menjabat Sekretaris Daerah hingga kini dipercaya sebagai Penjabat Gubernur Riau, Rusli Zainal menyebutkan pengalaman tersebut tentu menjadi bekal untuk SF Hariyanto untuk membangun Riau yang lebih baik.

"Ini pasti jadi bekal untuk beliau di dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan termasuk dalam bermasyarakat," kata Rusli.

"Saya berharap kita semua memberi dukungan kepada beliau. Semoga amanah sebagai Pj Gubernur yang diemban dapat membuat beliau untuk berbuat yang terbaik bagi Provinsi Riau," tambahnya.

Memiliki rentetan karir yang panjang pada bidang pembangunan, Rusli Zainal meminta SF Hariyanto untuk memberikan prioritas pada pembangunan, terutama infrastruktur di Riau.

"Kita melihat akhir-akhir ini memang infrastruktur di Riau, terutama di kabupaten perlu mendapat perhatian. Apalagi mengenai pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan dan pembangunan lainnya," katanya.

"Jalan yang paling utama yang harus jadi perhatian karena ini yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat dan juga terhadap perekonomian rakyat," ungkap Rusli Zainal. (*)

Tags : Pj Gubri SF Hariyanto, Pj Gubri Jalan Tugas Sesuai Amanah, Kinerja Pj Gubri Dievaluasi Tiap 3 Bulan, News,