Riau   2024/05/23 14:31 WIB

Pj SF Hariyanto Minta Risnandar Mahiwa Jangan Suka Tancap Gas Pulang ke Jakarta, 'Tuntaskan Kerja Sesuai Harapan Masyarakat'

Pj SF Hariyanto Minta Risnandar Mahiwa Jangan Suka Tancap Gas Pulang ke Jakarta, 'Tuntaskan Kerja Sesuai Harapan Masyarakat'
Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan Krisnandar Mahiwa Pj Walikota Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto resmi melantik Krisnandar Mahiwa sebagai Pj Walikota Pekanbaru. SF minta Krisnandar tancap gas dan tak bolak-balik ke Jakarta.

Pelantikan berlangsung di gedung daerah Provinsi Riau Jalan Diponegoro. Terlihat hadir mantan Pj Walikota Muflihun, Ketua DPRD Riau Yulisman, Sekda Riau Indra SE, Kapolresta Pekanbaru Kombes Jeki Rahmat Mustika dan pejabat di lingkungan Pemprov Riau.

SF mengaku pelantikan dilakukan malam hari agar tidak ada kekosongan pimpinan di Kota Bertuah. Sehingga pelantikan yang sejatinya digelar sore jadi malam hari.

"Besok kekosongan, saya bilang jangan sampai ada kekosongan. Tadi pesawat delay, harus juga malam ini, bila perlu subuh-subuh kita lantik. Jangan sampai ada kekosongan di Kota Pekanbaru, itu kuncinya" kata SF saat melantik, Rabu (22/5/2024).

SF Hariyanto mengakui ada rekomendasi DPRD Pekanbaru yang tidak dikabulkan pusat. Begitu juga nama-nama yang diusulkan Pemprov Riau untuk menggantikan Muflihun.

"Ini semuanya adalah pejabat yang terbaik, yang kita usulkan kemarin yang terbaik. Ada usulan gubernur, DPRD semua pasti yang terbaik. Ini yang terbaik, pejabat wali kota ini sudah melalui beberapa tes," kata SF.

Selain itu, SF meminta Pj Walikota yang baru untuk menuntaskan kerja yang belum tuntas dikerjakan Muflihun. Mengingat banyak harapan masyarakat Riau di pundak Krisnandar.

"Mari ke depan kita sama-sama membangun Riau. Banyak harapan di tangan bapak Pj, harapan masyarakat Pekanbaru begitu besar. Kepada Pj Wali Kota Pekanbaru ini sebagai transisi menunggu pejabat asli, ini artinya kerjaan yang belum selesai mari kita selesaikan karena nanti ada Pilkada," tegas SF.

SF juga meminta Krisnandar tak bolak-balik ke Jakarta. Ia minta segera rapatkan barisan menuntaskan persoalan yang ada di Kota Bertuah.

"Tidak ada pulang ke Jakarta lagi pak selain dipanggil rapat. Segera rapatkan, nanti ada pak Kajati, Kapolda minta arahan karena kita terus dikejar waktu," kata SF.

Sementara Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, berkomitmen untuk menjaga stabilitas politik di tengah masyarakat kota Pekanbaru jelang menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

Risnandar Mahiwa, menginginkan terciptanya suasana politik yang kondusif dan harmonis sangat penting dilakukan. Hal tersebut untuk mendukung, keamanan, pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat.

Terlebih, Kota Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau yang menjadi acuan bagi bagi daerah lainnya. Sehingga, menjadi landasan untuk menjalankan berbagai program pemerintahan yang telah direncanakan.

“Kami akan melihat tentunya dengan teman-teman Forkopimda dari sisi stabilitas politik yang ada di kota Pekanbaru. Karena stabilitas politik di Pekanbaru adalah barometer Provinsi Riau,” kata Risnandar usai dilantik menjadi Pj Walikota Pekanbaru, di Balai Serindit, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Rabu (22/5).

Risnandar menegaskan, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat, pemimpin agama, serta berbagai pemangku kepentingan di Pekanbaru. Tujuannya adalah untuk meredam potensi konflik dan menciptakan kesepahaman bersama dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Saya nanti berdiskusi dengan Pak Sekda, nanti kita perlu melakukan pendidikan politik. Pendidikan politik baik di lingkungan ormas, lingkungan sekolah, lingkungan ASN, maupun di lingkungan tokoh-tokoh agama dan lingkungan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh aparatur pemerintah daerah harus bekerja secara profesional dan menghindari tindakan-tindakan yang dapat memicu ketegangan di masyarakat. Ia mengimbau pentingnya pelayanan publik yang transparan dan akuntabel dalam upaya menjaga stabilitas politik.

“Kalau di sini [Pekanbaru] goyang tentunya di kabupaten pasti akan goyang, tentunya perlu pengamanan yang kuat, sinergi yang kuat. Termasuk sinergi masyarakat,” ujarnya.

Risnandar katakan, stabilitas politik yang baik dapat membawa angin segar bagi masyarakat kota Pekanbaru. Beliau optimistis partisipasi masyarakat dalam Pilkada di Pekanbaru akan semakin meningkat dan berjalan lancar.

“Tentunya kita ingin meningkatkan partisipasi pemilih dalam kontestasi 27 November [Pilkada Serentak], nantinya” pungkasnya. (*)

Tags : Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan Krisnandar Mahiwa Pj Walikota Pekanbaru, Pj SF Hariyanto minta Risnandar Mahiwa Jangan Suka Pulang ke Jakarta, Risnandar Mahiwa Tuntaskan Kerja Sesuai Harapan Masyarakat ,