Pekanbaru   2024/02/29 8:33 WIB

Pj Walikota Didampingi PUPR, Perkim dan Kominfo Tinjau Jalan Rusak, 'yang Sudah Banyak Makan Korban karena Rawan Kecelakaan'

Pj Walikota Didampingi PUPR, Perkim dan Kominfo Tinjau Jalan Rusak, 'yang Sudah Banyak Makan Korban karena Rawan Kecelakaan'
Ilustrasi jalan rusak

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru didampingi Kadis PUPR, Kepala Dinas Perkim, serta Kepala Dinas Kominfo melakukan peninjauan jalan rusak yang nantinya akan dilakukan perbaikan.

"Perbaikan jalan rusak dilakukan pada titik yang rawan."

"Karena di sini banyak kita temukan ada pengecilan parit akibat jembatan dari ruko, ini kan mengganggu jadi kita mau tidak mau hari ini kita minta partisipasi dari pemilik Ruko, ini semua untuk kemaslahatan umat ya bukan kepentingan pribadi jadi ini untuk kepentingan masyarakat banyak terkhusus bangau sakti ini," kata Pj Walikota Muflihun, Senin (26/2/2024) kemarin.

Ada tiga ruas jalan yang menjadi lokasi peninjauan Pj Walikota Pekanbaru beserta rombongan yakni, di Jalan Taman Karya, Jalan Bangau Sakti, dan Jalan Dharma Bhakti.

Selain meninjau kondisi jalan yang akan di overlay Pj Walikota juga turut mengecek kondisi drainase yang berada di bahu jalan.

Kondisi drainase tersebut cukup memprihatinkan sebab banyak yang tersumbat dan tidak berfungsi dengan baik.

Belum lagi banyak dari drainase tersebut yang mengalami penyempitan parit akibat jembatan dari ruko yang ada.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pj Walikota saat meninjau Jalan Bangau Sakti, dirinya mengatakan banyak ditemukan ada pengecilan parit akibat jembatan dari ruko, hal ini tentu mengganggu.

Muflihun menambahkan dana untuk memperbaiki jalan ini sudah dianggarkan pada APBD tahun 2023.

"Pemko berkunjung ke lokasi yang akan kita aspal atau overlay, dan perlu saya sampaikan ini sebenarnya sudah kita anggarkan diketok palu APBD tahun 2023 artinya di november kemarin bersama DPRD kita bersepakat ketok palu," jelasnya.

Ada dua tahapan yang akan dilaksanakan untuk memperbaiki jalan yang dimulai dengan memperbaiki drainase terlebih dulu.

"Overlaynya ada dua tahap, berarti yang pertama itu sudah di lelang drainase nya ini mungkin maret sudah bisa kita kerjakan, selesai drainase nanti baru kita ke tahap selanjutnya yaitu overlay jalan itu kurang lebih 2,7 kilometer," tuturnya.

"Perlu saya sampaikan di sini tentunya kepada masyarakat setempat tolong support, pemilik usaha dan juga Ruko tolong support. Kita lihat tadi semua banjir ini akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik percuma kalau hari ini kita aspal tapi drainase tidak kita perbaiki sama aja mubazir yang ada. Makanya kita dua tahap pengerjaan yang pertama drainase dulu nanti selesai baru ke overlay," sebutnya.

Sementara pihak Pemko melalui Dinas PUPR Pekanbaru sudah memperbaiki 178 bagian jalan yang rusak di 18 rute berbeda, terhitung dari tanggal 1 Januari hingga 26 Februari 2024.

"Selain itu, jalan lainnya seperti fajar, tamtama dan siak di payung sekaki, lobak dan gading di binawidya, serta belimbing dan paus di marpoyan damai juga mendapat perhatian," kata Kadis PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah.

Edward Riansyah mengatakan, upaya perbaikan melibatkan berbagai area, termasuk pembaruan Jalan Kayangan/Sekolah di Rumbai Timur, Jalan Kartini di Pekanbaru Kota dan Jalan Rajawali di Sukajadi.

Perbaikan yang mencolok juga dilakukan di Kecamatan Bukit Raya, mencakup Jalan Datuk Setia Maharaja, Rawamangun, Anggrek, Ampi, Embun Pagi, Merak, Lumba-Lumba dan Jalan Rindang.

"Di jalan sekolah, kami memperbaiki 18 titik, dua di kartini, lima di rajawali, tujuh di datuk setia maharaja, empat di rawamangun, tiga di jalan anggrek dan seterusnya, total 178 titik yang diperbaiki," jelasnya.

Ketika melihat ke depan, Edu, sapaan akrabnya, mengungkapkan, rencana untuk terus berupaya melakukan perbaikan jalan pada Maret, April, dan Mei.

Ada 13 jalan lagi yang akan diperbaiki, termasuk Jalan Singgalang, Kesuma, Bugenvil, Wan Abdul Rahman dan Kayu Manis, yang dijadwalkan untuk direhabilitasi dan diperbaiki selama periode ini.

"Kami secara sistematis mengatasi jalan rusak ringan dengan metode tambal sulam. Sementara itu, jalan rusak berat seperti bangau sakti dan taman karya akan mengalami overlay tahun ini juga, sejalan dengan arahan Pj walikota muflihun, yang berkomitmen menyelesaikan masalah kota, termasuk pengelolaan sampah, banjir, dan pemeliharaan jalan," pungkasnya. (*)

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, PUPR, Perkim dan Kominfo Damping PJ Walikota, Tinjau Jalan Rusak, Perbaikan Titik Rawan jalan rusak,